12 Ribu Relawan Penanganan Covid-19 Siap Disebarkan di Tiap RT Kota Malang

Jul 29, 2021 11:33
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk penanganan covid-19 terus dioptimalkan. Pengetatan dan pembatasan kegiatan di setiap wilayah juga dilakukan. 

Bahkan, dalam waktu dekat ini, Pemkot Malang telah menyiapkan 12 ribu relawan penanganan covid-19 yang bakal disebar untuk ditempatkan di setiap wilayah. "Kami sudah telepon kementerian bahwa Kota Malang akan ada kurang lebih 12 ribu relawan," ujar Wali Kota Malang Sutiaji, Kamis (29/7/2021).

Dijelaskan, para relawan bakal ditempatkan di tiap RT (rukun tetangga) di wilayah Kota Malang. Setiap RT nantinya akan diberi setidaknya 3 relawan yang bertugas melakukan penilaian, pemantauan, hingga masalah kesehatan bagi masyarakat di masing-masing wilayah.

"Per RT ada 3 relawan. Ini untuk mendata, menilai, dan memantau mobilitas masyarakat. Termasuk juga kebutuhan kesehatan ini terpantau di sana," jelas Sutiaji.

Sebagai informasi,  kemarin (Rabu, 27/7/2021) jumlah kasus Covid-19 di Kota Malang masih mengalamai penambahan yang cukup tinggi. Yakni, 217 kasus terkonfirmasi positif. Kini, total kasus di Kota Malang sebanyak 10.609.

Dari jumlah tersebut, angka pasien sembuh bertambah 25 orang sehingga totalnya kini 6.826 yang telah sembuh dari covid-19. Sedangkan pasien meninggal dunia bertambah 13 sehingga kini totalnya 761. Sementara, pasien yang masih dalam pemantauan saat ini totalnya sebanyak 3.022.

Dari kasus saat ini, jumlah pasien isolasi mandiri terbilang masih cukup banyak. Hal ini pula yang mendasari Pemkot Malang untuk menyediakan relawan di masing-masing wilayah. Harapan, para relawan mampu memberikan informasi, edukasi, hingga konsultasi kesehatan yang ke depannya bisa memengaruhi laju lonjakan kasus covid-19 agar menurun.

"Harapan kami ini mampu menjadi benteng terdepan dan bisa menahan laju penyebaran covid-19 di Kota Malang," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemkot Malang juga menyiapkan trainer bidang kesehatan di masing-masing kelurahan. Trainer ini nantinya melibatkan petugas kesehatan dari setiap puskesmas di masing-masing wilayah.

Setiap trainer akan menjadi pengawas dan penanggung jawab serta melakukan training kepada relawan. Sehingga, pelayanan kesehatan di setiap wilayah bisa berjalan dengan optimal.

Topik
bpr restu dana citra sejahteraPemkot MalangWali Kota Malang SutiajiVirus baru covid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru