Diskopindag Kota Malang Tertibkan PKL Pasar Kebalen, Halau Pedagang Pasang Garis

Jul 28, 2021 11:44
Petugas Wastib Diskopindag Kota Malang saat melakukan pentertiban di Pasar Kebalen (Diskopindag)
Petugas Wastib Diskopindag Kota Malang saat melakukan pentertiban di Pasar Kebalen (Diskopindag)

MALANGTIMES - Personil Pengawas Ketertiban (Wastib) Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, melakukan penertiban pedagang di Pasar Kebalen, Rabu (8/7/2021). Penertiban iniĀ dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas di depan Pasar Kebalen yang seringkali mengalami macet karena lapak pedagang.

Komandan Wastib Diskopindag Kota Malang, Satir Prahari menjelaskan, jika penertiban dilakukan untuk memperlancar arus lalu lintas jalan di depan Pasar Kebalen. Tak dipungkiri, jika lapak pedagang kaki lima di depan Pasar Kebalen kerap memakan bahu jalan hingga membuat kemacetan lalu lintasĀ 

"Jadi lapak-lapak pedagang kita angkat, kita pinggirkan supaya bahu jalan luas dan lalu lintas kembali menjadi lancar," jelasnya.

Dalam upaya penertiban itu, pihaknya juga menginstruksikan kepada para personel Wastib untuk tetap humanis. Pihaknya memberikan pemahaman, jika Wastib sebagai petugas patut disegani, namun tidak ditakuti. Sehingga dalam kegiatan penertiban, pihaknya selalu melakukan komunikasi yang humanis.

2

"Kegiatan ini akan kita lakukan sampai bisa berjalan dengan baik. Penataan mulai hari ini," ungkapnya.

Untuk semakin menertibkan para PKL, petugas nantinya akan membuat line atau garis kurang lebih sepanjang 300 meter di sisi kanan kiri jalan. Hal ini dilakukan agar para PKL nantinya berdagang di belakang garis, sehingga bahu jalan tetap lebar dan arus lalu lintas tidak terganggu dengan aktivitas pedagang. " Garisnya mulai dari perempatan dekat dengan klenteng hingga perempatan Kebalen,"paparnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan imbauan kepada para pedagang agar sampai pukul 07.00 wib, lapak-lapak PKL harus bersih dari lokasi. Meskipun begitu, petugas masih memberikan toleransi PKL hingga sekitar pukul 09.00 WIB. Dan bila masih tetap berjualan melebihi batas waktu, maka pedagang tersebut akan langsung ditertibkan.

"Tiga hari akan dipantau terus, kalau masih berjualan melebihi batas waktu, anak akan kita eksekusi, kita tertibkan untuk memberikan efek jera kepada pedagang dan buat surat pernyataan, atau kalau tetap bandel kita serahkan Satpol PP yang punya SOP (kewenangan memberikan sanksi) . Sementara ini belum, masih sosialisasi," terangnya.

1

Bukan hanya itu, selain penertiban, sosialisasi untuk taat protokol kesehatan terus dilakukan. Dalam setiap kegiatan, petugas Wastib sellau mengerahkan personel penuh. 60 personel diterjunkan dan dibagi untuk terjun ke 26 pasar di Kota Malang. "Kalau pada lain kita terus sosialisasikan protokol kesehatan. Sejak pagi, sekitar pukul 06.00 WIB, petugas sudah apel," pungkasnya.

Topik
Diskopindag Kota Malangpasar kebalenbayu ignasius wibowo
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru