Covid-19 Varian Lokal RI Dipantau WHO, Akankah B14662 Selevel Varian Delta?

Jul 28, 2021 11:30
Covid-19 (Foto: Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI)
Covid-19 (Foto: Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI)

INDONESIATIMES - Dalam update terbaru pelacakan berbagai varian Covid-19 di dunia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan 1 varian Covid-19 dari Indonesia dalam daftar pengawasan. Varian dengan nama B14662 itu bahkan dimasukkan dalam kategori "Alerts for Further Monitoring" yang sampel pertamanya dilaporkan pada November 2020. 

WHO menjelaskan, bahwa varian dalam kategori Alerts for Further Monitoring ini memiliki potensi jadi berbahaya di masa depan karena memiliki perubahan genetik. Hanya saja data bukti-buktinya masih belum cukup, sehingga dibutuhkan pengawasan dan penelitian berulang. 

"Pemahaman kami terkait varian di kategori ini berkembang dengan cepat dan karena itu isinya bisa ditambah atau dikurangi begitu saja. Karena itu juga WHO tidak memberi label khusus," tulis WHO dalam situs resminya.

Untuk diketahui, WHO mengategorikan varian B14662 dalam kelompok Alerts for Further Monitoring sejak 28 April 2021 lalu. Varian itu belum masuk juga dalam klasifikasi variant of concern (VoC) varian yang dikhawatirkan, maupun variant of interest (VoI).

Lantas apakah varian itu akan berpotensi masuk VOC/VOI atau bahkan selevel dengan varian Delta? 

Dijelaskan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi, pihaknya tidak menampik kemungkinan itu akan terjadi. Namun, kepastiannya tentu akan kembali pada kajian WHO.

"Bisa jadi, tergantung dampaknya, ujar dr Nadia. 

Seperti diketahui, varian baru Covid-19 yang masuk daftar VoC memang diyakini memiliki penularan lebih cepat, hingga potensi memperburuk gejala Covid-19. Bahkan terdapat risiko berdampak pada efektivitas vaksin Covid-19.

dr Nadia mengatakan jika hal itu nantinya akan ditentukan oleh WHO dengan para ahlinya apakah virus varian lokal ini masi dalam kategori VoC/VoI. 

Hingga kini, beberapa varian Covid-19 berbahaya yang sudah masuk Indonesia diantaranya yakni varian Covid-19 Delta (B1617.2), Delta Plus (AY.1), varian Alpha (B117), varian Beta (B1351). Total varian Covid-19 berbahaya yang paling mendominasi di Indonesia adalah Covid-19 varian Delta yaitu 897 kasus per 24 Juli.

Topik
varian covid 19WHOvarian b14462siti nadia tarmiditrainer kesehatan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru