Respons Susi Pudjiastuti soal Donasi Rp 2 Triliun Akidi Tio hingga Bisnis yang Digeluti

Jul 28, 2021 11:11
Susi Pudjiastuti (Foto: Pikiran Rakyat)
Susi Pudjiastuti (Foto: Pikiran Rakyat)

INDONESIATIMES - Donasi yang diberikan Akidi Tio senilai Rp 2 triliun untuk membantu penanganan Covid-19 memang menjadi sorotan publik. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pun turut memberikan respons positif terhadap sumbangan yang diberikan almarhum Akidi Tio. 

Respons tersebut disampaikan Susi melalui akun twitter pribadinya @susipudjiastuti Selasa (27/7/2021). "Ketulusan berbagi yang luar biasa. Respect & apresiasi untuk Bapak Akidi & keluarga,” tutur Susi. 

Ia pun mendoakan agar mendiang Akidi mendapat balasan atas amalannya itu. “Semoga amal Bapak dibalas oleh Tuhan YME,” kata Susi.

Seperti diketahui, melalui dokter keluarganya dr Hardi Dermawan, Akidi menyumbang uang tunai senilai Rp 2 triliun kepada Provinsi Sumatera Selatan untuk membantu penanganan Covid-19. 

Sumbangan itu diserahkan di Mapolda Sumsel pada Senin (26/7/2021). Gubernur Sumsel H Herman Deru yang turut menyaksikan proses serah terima hibah Rp 2 triliun dari keluarga almarhum Akidi Tio mengungkapkan sederet pujian.

"Ini luar biasa sekali, ada yang memberikan bantuan untuk penanganan Covid-19. Bantuan berupa uang sebesar Rp 2 triliun," ujarnya. 

Apa bisnis yang dijalani Akidi Tio? 

Akidi Tio telah meninggal dunia pada tahun 2009. Jenazahnya dimakamkan di Palembang. Berdasarkan informasi, Akidi Tio dulunya merupakan pengusaha sukses asal Kota Langsa, Kabupaten Aceh Timur. Semasa hidup, Akidi Tio lebih banyak tinggal di Palembang. 

Dijelaskan oleh Hardi dokter keluarga, Akidi adalah pengusaha sukses di bidang pembangunan dan kontraktor. "Di Palembang Akidi Tio kontraktor, ada bikin bangunan dan lain-lain. Jadi karena memang sudah lama di Palembang, maka kampung halamannya dia anggap di Palembang," katanya.

Hardi mengatakan jika Akidi memiliki 7 anak dan sebagian besar mereka sukses menjadi pengusaha di Jakarta. Kepada anak-anaknya, Akidi selalu memberikan pesan agar membantu warga yang kurang mampu. "Mendiang Bapak Akidi juga berpesan kepada anaknya, jika sukes dalam bidang usaha agar membantu orang miskin," tutur Hardi.

Selain itu, Akidi Tio memang dikenal sejak dulu sebagai sosok yang dermawan. Akidi tak pernah absen dalam memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan. 

Kebiasaan Akidi itu juga diajarkan kepada 7 anaknya. "Sesuai dengan namanya, Akidi artinya keyakinan. Dia sudah berpesan pada anak, cucu, cicit, kalau kamu berhasil di bidang apapun, jangan lupa menyisihkan untuk orang-orang miskin, itu pesan beliau," cerita Hardi.

Topik
data vaksinasi kabupaten malangAkidi Tiopengusaha akidi tiohardib14462Susi Pudjiastuti
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru