Prodi Hukum Unikama Beber Sejumlah Keunggulan, Cetak Lulusan Berkualitas dan Berdaya Saing

Jul 28, 2021 10:30
Ilustrasi Gedung Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Gedung Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Program studi (Prodi) Ilmu Hukum Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memiliki beberapa keunggulan hingga dapat mencetak alumni yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. 

Dosen sekaligus Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi Ilmu Hukum Unikama Fahmi Arif Zakaria SH MHum MPd pun membeberkan sejumlah keunggulan dalam menempuh kuliah di Prodi Ilmu Hukum Unikama.

"Prodi Ilmu Hukum mempelajari berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan kemasyarakatan maupun kegiatan bisnis dengan kata lain link and match dengan dunia usaha dan dunia industri saat ini," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima MalangTIMES.com, Selasa (27/7/2021) malam. 

Diperlukan adanya link and match antara lulusan pendidikan tinggi bukan hanya dengan dunia usaha dan dunia industri saja, tetapi juga dengan masa depan yang semakin cepat mengalami perubahan. 

"Berdasarkan hal tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberlakukan kebijakan baru di bidang pendidikan tinggi melalui program 'Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang saat ini mulai diterapkan oleh perguruan tinggi," tuturnya. 

Dalam menempuh kuliah di Prodi Ilmu Hukum Unikama, pihaknya menyebutkan bahwa mahasiswa akan mempelajari bidang Ilmu Hukum yang sangat komprehensif.

Mulai dari perundang-undangan yang termasuk di dalamnya hukum dasar (konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana). Kemudian ada materi perkuliahan tentang hukum acara (perdata, pidana dan ptun) hingga hukum internasional. 

Selain menerima materi kuliah dalam bentuk teori, para mahasiswa Prodi Ilmu Hukum juga dibekali dengan ilmu praktek. "Mahasiswa tidak hanya dibekali dalam pembelajaran secara teori akan tetapi juga praktek langsung di lapangan atau kepada masyarakat yang biasa di kenal dengan Law in Books and Law in Action," terangnya. 

Lebih lanjut, Fahmi juga menyebutkan bahwa Fakultas Hukum Unikama saat ini telah menjalin kerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Malang. Hasil dari kerjasama tersebut yakni dibukanya Kelas Pengawasan Pemilu (KPP) di Fakultas Hukum Unikama. 

Penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan oleh Fakultas Hukum memang dalam rangka mempersiapkan lulusan yang tangguh dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, duniankerja dan teknologi yang semakin berkembang pesat di era revolusi industri 4.0. "Kompetensi mahasiswa harus semakin diperkuat sesuai dengan perkembangan yang ada," ujarnya. 

Beberapa prestasi pun telah ditorehkan oleh Prodi Ilmu Hukum. Salah satunya yakni berhasil mendapatkan hibah MBKM Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang saat ini sedang proses menjalankan hibah MBKM tersebut. "Untuk prestasi Mahasiswanya Fakultas Hukum Juara 1 Duta Kewirausahaan tingkat Universitas," imbuhnya. 

Sementara itu, berkaitan dengan peluang kerja setelah menempuh kuliah di Prodi Ilmu Hukum Unikama, hal itu dapat terjawab dengan banyaknya alumni yang telah lulus dan bekerja di segala sektor hingga lintas instansi. Karena peluang kerja untuk Prodi Ilmu Hukum Unikama sangat luas. 

"Karena hampir semua instansi pemerintah dan perusahaan membutuhkan ahli hukum, maupun praktisi di bidang hukum beberapa alumni Prodi Ilmu hukum sebagian akan bekerja di pada Advokat, Notaris, Legal pada Bank, Kepolisian, Satpol PP dan masih banyak lagi," bebernya. 

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan bahwa target dari Prodi Ilmu Hukum pada tahun 2021 ini lebih meningkatkan kualitas maupun kuantitas yang ada. Baik itu dari segi penelitian, pengabdian dan pengajaran kepada mahasuswa, dosen maupun Prodi Ilmu Hukum Unikama itu sendiri. 

Untuk calon mahasiswa baru tahun 2021 yang akan mendaftar, Fahmi mengatakan bahwa belum final untuk jumlahnya karena saat ini masih dalam proses penjaringan pendaftaran mahasiswa baru. 

"Meski dalam kondisi pandemi kemungkinan banyak sekali dampak yang terjadi terutama terhadap keinginan melanjutkan perkuliahan ke Universitas meski demikian kami tetap optimis tahun ini kami lebih baik dari tahun kemarin," tuturnya. 

Sementara itu, dikarenakan dalam kondisi pandemi Covid-19, maka tahun 2021 ini untuk peningkatan jumlah target mahasiswa baru masih terus diupayakan agar dapat meningkat. "Di Prodi Ilmu Hukum sendiri kita juga buka kelas karyawan di mana mahasiswa yang sedang bekerja masih bisa melakukan perkuliahan," pungkasnya.

Topik
UnikamaMahasiswi Unikamafahmi arif
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru