Pemkab Malang Berani Pasang Target Tuntaskan Vaksinasi jika Pemprov Beri Ini

Jul 27, 2021 16:28
Vaksinasi masal yang diikuti masyarakat Kecamatan Kepanjen di Stadion Kanjuruhan, Minggu (25/7/2021) (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Vaksinasi masal yang diikuti masyarakat Kecamatan Kepanjen di Stadion Kanjuruhan, Minggu (25/7/2021) (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berani bicara vaksinasi akan selesai sesuai target pada akhir tahun jika distribusi dosis vaksin dapat tercukupi setiap minggu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat mengatakan bahwa minggu lalu pihaknya telah berkirim surat kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Hal itu berkaitan dengan penambahan dosis vaksin.

“Kami sudah berkirim surat kepada provinsi. Hanya tinggal menunggu saja (datangnya dosis vaksin, red). Mungkin dalam minggu ini kami akan dapat, tapi jumlahnya belum tahu,” ujar Wahyu.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Malang drg Arbani Mukti Wibowo mengaku pihaknya bisa saja menyelesaikan program vaksinasi sesuai target. Namun hal itu harus ditunjang dengan stok dosis vaksin yang memenuhi atau sesuai kuota untuk masyarakat Kabupaten Malang.

“Kalau kami hitung, targetnya 15 ribu untuk dosis 1 dan 15 ribu untuk dosis 2. Jadi 30 ribu,” ungkap Arbani.

Asumsinya, jika membutuhkan percepatan vaksinasi itu, Pemkab Malang membutuhkan distribusi dosis vaksin setiap minggu. Sebab, saat ini antusiasme masyarakat terkait vaksin di Kabupaten Malang cukup besar.

“Kalau target 15 ribu per hari jadi setiap minggu kami harus dikirim 15 ribu kali 6. Jika targetnya akhir tahun selesai, target itu kami breakdown per hari nya berapa (kepada masyarakat Kabupaten Malang,” ucap dia.

Baru-baru ini, Pemkab Malang bekerja sama dengan Polres Malang dan Kodim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu menggelar vaksinasi masal di Stadion Kanjuruhan. Dalam kegiatan itu, sebanyak 12.266 warga sudah tervaksin dengan vaksin Sinovac.

Topik
Vaksin Covid 19Pemkab Malangdosis vaksin
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru