Pemkot Batu Tunjuk 7 Desa/Kelurahan Ikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia

Jul 27, 2021 12:17
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melaunching mal bunga hias di Desa Sidomulyo beberapa saat lalu.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melaunching mal bunga hias di Desa Sidomulyo beberapa saat lalu.

BATUTIMES - Dinas Pariwisata Kota Batu tidak pernah absen mengikutkan desa/kelurahan di Kota Batu dalam ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kali ini Dinas Pariwisata Kota Batu mengajukan 7 desa/kelurahan dari 24 desa/kelurahan yang tersebar di Kota Batu pada ADWI.

7 desa/kelurahan itu yang diajukan itu memiliki potensi alam dan keunggulan wisata berbeda. Di antaranya destinasi pertanian organik di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. Lalu masih di kecamatan yang sama tepatnya di Desa Tulungrejo, dengan destinasi wisata Coban Talun.

Juga Desa Pandanrejo dengan petik strowberi, rafting, coban lanang dan taman dolan. Dan Desa Sumbergondo yakni, wisata camping ground Glagah Wangi, produk UMKM, edukasi pengolahan sampah insenerator udara dan komposter anaerob.

Kecamatan Batu ada Desa Sidomulyo dengan mall bunga hiasnya. Lalu Desa Oro-oro Ombo dengan Areal Model Konservasi Edukasi (AMKE). Dan di Kecamatan Junrejo ada Kelurahan Dadaprejo dengan pertanian dan edukasi anggreknya. “ADWI 2021 kami mengirimkan 7 desa/kelurahan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq

Pemilihan 7 desa/kelurahan pun tidak asal, karena mereka memiliki potensi yang unik dan menarik untuk bersaing dengan desa lainnya di Indonesia.

Ditambah pada desa tersebut, sudah menyuguhkan paket wisata. Sehingga konsep desa wisata mampu diimplementasikan. “Yakin bisa bersaing, karena tujuh desa wisata itu sudah matang dan sudah berjalan.

Nantinya tujuh desa/kelurahan lanjutnya, akan dinilai dengan tujuh kategori. Mulai dari penerapan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE), Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan), Konten Kreatif, Homestay, dan Toilet.

Ia pun berharap dari 7 desa/kelurahan tersebut bisa menyabet prestasi yang membanggakan. “Semoga bisa dapat prestasi karena kami juga mengirimkan 7 desa/kelurahan,” harapnya.

Topik
Dirut Pegadaian KuswiyotoArief As Siddiq
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru