Viral Surat Hasil PCR Positif Covid-19 Dipakai Bungkus Gorengan, Bahaya atau tidak? 

Jul 27, 2021 08:26
Ilustrasi (Foto: Colombia.com)
Ilustrasi (Foto: Colombia.com)

INDONESIATIMES - Media sosial dihebohkan dengan foto surat hasil tes PCR positif Covid-19 yang dijadikan bungkus gorengan. Foto itu pun menjadi viral dan menjadi sorotan warganet. 

Meski secara teori kecil kemungkinan virus Covid-19 menular lewat kertas, tetap saja banyak yang bergidik ngeri membayangkan kemungkinan terburuknya. Lantas mungkinkah bungkus gorengan ini menjadi medium penularan virus Covid-19?

Dikutip melalui wawancara eksklusif detik.com, pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Utomo meluruskan bahwa benda seperti kertas tidak bisa menjadi medium transmisi virus Covid-19. Hal itu dikarenakan, virus hanya menular melalui droplet atau cipratan air liur. 

Maka, bagi orang-orang yang melihat fenomena ini tak perlu ketakutan terpapar virus asal Wuhan, China itu. "Surat hasil biasanya dicetak di zona hijau di lab atau rumah sakit. Jadi, kecil kemungkinan adanya virus," ujar Ahmad.

Menurut Ahmad, yang perlu ditakutkan dari temuan itu ialah disebarluaskannya data pasien. Mengingat, dalam lembaran surat hasil PCR itu tercantum nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, dan data-data lain yang mungkin disertakan oleh pihak laboratorium.

Ahmad mengaku khawatir, data-data yang sembarang disebarluaskan malah disalahgunakan oleh oknum tak bertanggungjawab.

"Kecuali empunya data mau pamer ya terserah yang bersangkutan sih. Yang penting jangan pamer data orang lain tapi diakui datanya sendiri. Itu penipuan," pungkasnya.

Sebelumnya, surat hasil PCR yang dijadikan bungkus gorengan itu diunggah oleh akun Instagram @infodepok_id Senin (26/7/2021). Dalam unggahan tersebut tampak kondisi kertas yang sudah berminyak karena bekas gorengan. 

Hasil PCR

Terdapat pula data-data pasien yang bagian nama dan alamat sudah disamarkan. Melihat unggahan itu, warganet pun mengaku was-was dan takut tertular Covid-19. 

@haryanto.lyli: "waduh....kita juga ketularan positif dunk min, itu kertas gorengan bekas swab udh kita baca."

@uuuuus_: "Itu gak seberapa cuy. Gue pernah makan gorengan bungkusan’e bertuliskan ‘Dokumen Negara, Sangat Rahasia’. Mao panik tapi lg ngunyah molen dua biji."

@daya_looovee: "yahh bisa nular gak sih,? kok ngeri amat."

@adityaa7777777: "Emang bisa nular ya? kan kertas doang."

Di sisi lain, ada pula yang menyarankan lebih baiknya surat tersebut dibakar atau dibuang agar tidak disalahgunakan.

@aayyeerr_: "Gw sih lebih takut ama data lengkap yg ada di dokumen itu drpd ketakutan ketularan positifnya." 

@ike_ike.ike: "Baiknya sih kl mau dibuang surat2 ket pemeriksaan mendingan di bakar atau gunting kecil2. Jgn langsung di buang."

Topik
ahmad rusdan utomoberita viralchina dilanda bencana
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru