Unisma Kampus Swasta Terbaik di Malang, Rektor Beber Raihan Program Hibah

Jul 25, 2021 19:54
Kampus Unisma Malang (lppmunisma)
Kampus Unisma Malang (lppmunisma)

MALANGTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) menjadi salah satu kampus dwasta dengan peringkat terbaik secara nasional, provinsi, maupun tingkat kota. Ranking itu merupakan versi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenristek Ristek) pada Agustus 2020.

Dalam konferensi pers melalui daring Minggu (25/7/2021), Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi kembali menyampaikan hal tersebut. Dijelaskan, Unisma menempati peringkat ke-44 dari 4.670 perguruan tinggi, baik itu perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). 

"Untuk di tingkat PTS, Unisma berada pada peringkat 14 di antara 4.593 PTS. Untuk di tingkat Jawa Timur, Unisma pada posisi peringkat 9 dari 350 PTN dan PTS. Kemudian peringkat 3 dari 328 PTS di Jawa Timur. Dan untuk di Malang, Unisma peringkat 1 dari 56 PTS serta peringkat 1 dari seluruh PTNU," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan rektor, dalam pencapaian tersebut  tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Berbagai proses dan pengembangan, baik infrastruktur maupun SDM, terus dilakukan Unisma. Dari upaya itu, berbuah sejumlah prestasi yang kemudian turut membantu Unisma dalam memenuhi sejumlah indikator dalam perankingan perguruan tinggi. 

Dalam periode 2020/2021, 14 program hibah telah berhasil diraih Unisma di tingkat nasional. Program bantuan penerapan kerja sama kurikulum merdeka belajar pada Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum, Pendidikan Bahasa Inggris, Matematika dan Teknik Sipil. 
 
Unisma juga  mendapatkan hibah dana dalam program transfer kredit internasional pada Prodi Bahasa Inggris, Akuntansi, dan Ilmu Administrasi. Kemudian menjadi pemenang penawaran bantuan dana inovasi pembelajaran dan teknologi bantu (teknologi asistif) untuk mahasiswa berkebutuhan khusus.  "Ibaratnya Unisma banjir prestasi," ungkapnya dalam konferensi pers yang dilakukan daring.

Setelah itu, prestasi lainnya adalah Unisma lolos penetapan lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan kerja dama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Jawa Timur.  “Lolos juga dalam program detasering dan menjadi pendamping bagi kurang lebih14 PTS di seluruh Indonesia," ujar Maskuri.

Kemudian, Prodi Akuntansi dan Manajemen Unisma juga mendapatkan bantuan kerja sama kurikulum dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Prestasi selanjutnya, mendapatkan bantuan pengembangan dan penyelenggaraan inovasi pembelajaran digital berkaitan dengan Learning Management System (LMS) yang terintegrasi dengan Spada. "Kurikulum Unisma sudah terintegrasi dengan Spada,  kurang lebih 765 mata kuliah," jelas rektor.

Lebih lanjut  Unisma juga mendapat Bantuan Dana Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh, Bantuan Dana Inovasi Pembelajaran dan Teknologi, Bantuan Pelaksanaan Tracker Study, Program Micro Credential Mahasiswa dan GerakanNnasional Revolusi Mental kerja sama antar Forum Rektor Indonesia dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. "Termasuk juga Program Kemitraan Dosen Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan juga Program Wira Desa," papar Maskuri.

Perankingan sendiri, menurut Maskuri, bukanlah sebuah tujuan dari Unisma. Namun, meskipun bukan menjadi tujuan, perangkingan tersebut tentunya juga merupakan hal yang cukup penting.  "Kaitannya dengan pengakuan, bukan tujuan. Itu merupakan pengakuan baik dari pemerintah maupun masyarakat," pungkasnya.

 

Topik
unisma malangRankinhDana PPKM
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru