Sudah Dirilis di Indonesia, Begini Cara Membuat Youtube Shorts

Jul 25, 2021 11:13
YouTube Shorts. (Foto: source google)
YouTube Shorts. (Foto: source google)

INDONESIATIMES - Fitur terbaru dari YouTube, yakni "YouTube Shorts" akhirnya dirilis di Indonesia. Melalui fitur ini pengguna youtube bisa mengunggah video singkat untuk ditampilkan dalam feed aplikasi mobile, mirip dengan platform TikTok.

Berbeda dengan TikTok yang memperbolehkan penggunanya memakai audio dam musik dari database mereka, lalu kemudian dibuat dan diunggah. Sedangkan keunggulannya dari YouTube Shorts,  pengguna bisa memanfaatkan lagu-lagu berlisensi yang sudah ada di katalog YouTube Music.

Lantas bagaimana cara menggunkan Youtube Shorts?

Dilansir dari berbagai sumber, Manager Strategic Partnerships YouTube Indonesia Geri Azriel Country mengungkapkan, tata cara membuat Youtube Shorts sangatlah mudah. Yakni, pengguna cukup dengan masuk ke aplikasi YouTube, kemudian mencari tombol '+' pada home page, lalu pilih 'Create a Short'.

Atau, dengan menggunakan cara lain. Seperti, ketika tengah menonton video favorite dan tiba-tiba kalian ingin membuat YouTube Shorts, ini pun bisa dilakukan. Yaitu, tinggal pilih fitur 'Create' yang sejajar dengan tombol 'Share'.

Sementara, fitur-fitur yang terdapat dalam YouTube Shorts di antaranya, timer untuk memberi jeda pada video (3,10 atau 20 detik). Kemudian, durasi (15 atau 60 detik), speed atau kecepatan (bisa lebih lambat/cepat), audio yang ada di inventory YouTube (tinggal pilih video apapun bisa dijadikan audio).

Bahkan, kelebihan lainnya, creator YouTube Shorts bisa melakukan undo dan redo klip yang sudah ditake. Kemudian bisa di-preview, menambahkan teks dan menentukan visibilitasnya apakah publik, tidak publik, atau private.

Sebagai informasi, YouTube Shorts sebelumnya sudah dirilis di berbagai negara di dunia. Seperti, India, Amerika Serikat, dan puluhan negara lainnya.

Topik
YouTubeoutube
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru