Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Sosialisasi Pengembangan Potensi Wisata di Kampung Budaya Tulungrejo, Pujon Kidul

Jul 24, 2021 14:14

JATIMTIMES - Malang, 20 Juni 2021. Pembukaan kegiatan praktikum event management bertajuk ‘Guneman’ yang digagas oleh kelompok Cussion telah sukses dilaksanakan pada 20 Juni 2021 lalu. Kegiatan ini digagas oleh kelompok Cussion yang digawangi oleh Yogie Satya Ferdinan selaku ketua kelompok beserta lima orang rekannya dalam praktikum event management program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Event Guneman ini merupakan salah satu dari rangkaian event “Tulungrejo Berdaya” yang akan dilaksanakan hingga akhir Agustus 2021 mendatang. 

Event Guneman ini dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi mengenai peningkatan kesadaran warga terhadap berbagai potensi wisata yang dimiliki oleh Kampung Budaya Tulungrejo, Desa Pujon Kidul. Sosialisasi dilaksanakan dengan melakukan diskusi bersama warga Tulungrejo mengenai program yang akan dilakukan oleh kelompok Cussion. 

Selain itu juga dilaksanakan nonton bareng video profil bertema film dokumenter tentang potensi, budaya, dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Dusun Tulungrejo. Diharapkan melalui event yang dilaksanakan kelompok Cussion mampu membuat warga Kampung Budaya, Dusun Tulungrejo sadar akan potensi budaya dan wisata yang dimiliki. 

Kampung Budaya Tulungrejo sendiri merupakan salah satu objek wisata baru yang ada di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Namun demikian, kesiapan warganya dalam menjadi tuan rumah terhadap tamu wisata dan tata kelola wisata yang ada di Kampung Budaya Tulungrejo masih dirasa sangat memerlukan peningkatan agar menjadi salah satu objek wisata yang menarik dan sustainable

Maka dari itu, kelompok Cussion menginisiasi adanya event Tulungrejo Berdaya sebagai upaya untuk mempersiapkan warga Dusun Tulungrejo dalam pengelolaan wisata secara mandiri, terorganisir, dan merata. Nantinya, event ‘Tulungrejo Berdaya’ sendiri akan dilaksanakan dalam beberapa rangkaian event yang berisi edukasi dan workshop bagi warga Kampung Budaya Tulungrejo.

Nama Kelompok : 

Cussion

Nama Anggota Kelompok : 

1. Siti Hamrah                                                           

2. Egan                                                              

3. Ramadhan Permana Agung                                 

4. Aisyah Yumna Inas Abiyya                                   

5. Andini Zalsa Mardiah Hidayanti               

6. Yogie Satya Ferdinan

Nama Koordinator : Yogie Satya Ferdinan

Dosen Pembimbing Lapang : Jamroji, S. Sos., M. Comms

Topik
Kabupaten Malangruang mahasiswaFilm Dokumenter
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru