China Tolak Rencana WHO untuk Selidiki Virus Tahap Kedua

Jul 23, 2021 16:39
Zeng Yixin saat konferensi pers. (Foto: BBC)
Zeng Yixin saat konferensi pers. (Foto: BBC)

INDONESIATIMES – China kembali dibuat kesal oleh Badan Kesehatan Dunia WHO. Itu karena WHO meminta penyelidikan virus corona tahap kedua.

Menteri kesehatan China Zen Yixin pada Kamis (22/7/21)  mengaku terkejut dengan rencana WHO untuk melakukan penyelidikan tahap kedua virus covid-19 di Wuhan. Kota itu dianggap sebagai tempat asal virus tersebut.

Pihak WHO ingin melakukan audit laboratorium di tempat virus pertama ditemukan. Namun pihak Kementerian Kesehatan China menganggap hal tersebut sebagai “tindakan yang merendahkan dan merupakan arogansi terhadap sains”.

Pakar WHO menyatakan bahwa terlalu dini untuk beranggapan bahwa pandemi ini terjadi akibat kebocoran virus dari laboratorium penelitian China. Namun, tetap hal tersebut harus diuji dan diselidiki.

Saat konferensi pers berlangsung, Zen Yixin mengatakan bahwa ia sangat terkejut dengan proposal WHO yang fokus pada dugaan pelanggaran protokol laboratorium China. Ia juga mengatakan bahwa mustahil China menyetujui rencana WHO tersebut. Di samping itu, China juga sedang melakukan penelitian sendiri mengenai pelacakan asal virus.

Banyaknya kematian yang disebabkan oleh pandemi covid-19 menyebabkan WHO mendapatkan tekanan dari berbagai pihak untuk melakukan investigasi lebih lanjut. WHO berharap pihak pemerintah China mau bersikap kooperatif. (Feylakrif Tunasyah)

Topik
Virus CoronaChinaWHO
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru