Pengendalian Covid-19 di Kota Malang, Penguatan Testing dan Tracing di Skala PPKM Mikro

Jul 22, 2021 13:27
Wali Kota Malang Sutiaji saat mengikuti rapat koordinasi penanganan Covid-19 dengan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin secara virtual, Rabu (21/7/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang)
Wali Kota Malang Sutiaji saat mengikuti rapat koordinasi penanganan Covid-19 dengan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin secara virtual, Rabu (21/7/2021). (Foto: Humas Pemkot Malang)

MALANGTIMES - Pengendalian pandemi Covid-19 yang juga bersamaan dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akan dilakukan penguatan pada testing dan tracing di skala PPKM Mikro yang berbasis RT/RW di Kota Malang. 

Penguatan pada skala PPKM Mikro di momentum penerapan PPKM Level 4 di Kota Malang, disampaikan Sutiaji saat mengikuti gelaran rapat koordinasi nasional penanganan Covid-19 bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito secara virtual.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa yang paling utama dalam penanganan Covid-19 yakni dengan melakukan testing dan tracing secara masif. 

"Lakukan dengan strategi yang tepat yakni testing kepada semua suspek, kontak erat dan lokalisir (karantina, red). Testing ke orang-orang tidak bergejala dan bukan kontak erat bukanlah prioritas dari strategi testing," pesannya kepada jajaran kepala daerah dalam rapat koordinasi nasional penanganan Covid-19 secara virtual, Rabu (21/7/2021). 

Dalam rapat koordinasi nasional penanganan Covid-19 secara virtual tersebut, terdapat tiga daerah yang terpilih memaparkan penanganan Covid-19 di daerahnya masing-masing yakni Kota Malang, Kota Surabaya dan Kabupaten Madiun. 

"Pengendalian harus mulai dan dikuatkan di level kampung atau RT/RW. Ini sejalan dengan spirit dari strategi tracing dan testing. Kendali sejak di titik awal," ungkap Wali Kota Malang Sutiaji dalam keterangan resmi yang diterima MalangTIMES.com.

Hal itu berdasarkan pengalaman empirik yang dialami oleh Kota Malang saat berhasil menangani kasus Covid-19 di dua wilayah yang terbukti berhasil. Yakni di Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing dan Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang. 

"Saat itu bisa segera terlokalisir dan partisipasi warga dalam pemantauan hingga pendampingan kepada warga yang isoman juga berjalan baik," terangnya. 

Selain itu, komunikasi antara Puskesmas dengan masyarakat yang berada di sekitar dua wilayah tersebut sudah sangat terkonstruktif karena terfokus. "Begitu pola pendekatan meluas, justru seakan kehilangan sasaran pokok," tegasnya. 

Lebih lanjut, apa yang sudah ditekankan oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kata Sutiaji sesuai dengan desain dari pendekatan PPKM Mikro yang juga akan diterapkan di Kota Malang selama PPKM Level 4. 

"Begitu kita bisa melakukan pengendalian pada tingkat mikro, secara otomatis maka strategi testing dan tracing akan lebih terpola," pungkasnya.

Topik
ppkm kota malangsebutan jokowippkm level 4 kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru