Sehari 3 Kali Kebakaran di Kabupaten Malang, Kerugian Ratusan Juta

Jul 20, 2021 19:29
Salah satu lokasi kejadian kebakaran di Kabuapaten Malang, Selasa (20/7/2021).
Salah satu lokasi kejadian kebakaran di Kabuapaten Malang, Selasa (20/7/2021).

MALANGTIMES - Tiga kali peristiwa kebakaran terjadi dalam satu hari di Kabupaten Malang pada Selasa (20/7/2021). Masing-masing di Kecamatan Dampit, Pagelaran, dan  Singosari.

Teejadinya tiga kebakaran itu   menyibukkan Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang. 

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (PPK) Satpol PP Kabupaten Malang Goly Karyanto menjelaskan, penyebab kebakaran di tiga tempat itu berbeda. Mulai dari putung rokok, tungku kompor, dan sisa pembakaran kertas yang belum mati dengan sempurna.

Awalnya, pagi sekitar pukul 08.30 si jago merah melalap salah satu pom mini milik Siyono (69) asal Desa Pamotan, Dampit. "Kebakaran ini karena puntung rokok yang dibuang sembarangan," ujar Goly.

Atas laporan kebakaran tersebut, pihaknya langsung meluncur ke TKP dengan membawa 3 unit mobil pemadam kebakaran. Beruntung, tak ada korban jiwa. Tetapi pemilik menderita kerugian mencapai Rp 70 juta.

"Kami langsung bergegas ke TKP usai mendapat laporan. Api berhasil dijinakkan sekitar pukul 09.05," kata Goly.

Sementara, kebakaran selanjurnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran. Saat itu, pemilik rumah, Sutiyem (48),  usai melakukan pekerjaan di dapur, tanpa disengaja api di tungku kompornya kurang diperhatikan sehingga api cepat menjalar. 

"Kalau yang kedua di Desa Kanigoro, pemilik rumah lalai mengawasi tungku kompornya. Akibatnya, kerugian yang didapat mencapai Rp. 100 juta," beber Goly.

Kebakaran ketiga terjadi di Kecamatan Singosari. Tepatnya di Perumahan Mondoroko. Penyebabnya karena sisa pembakaran kertas yang belum mati dengan sempurna.

Mendapatkan kabar tersebut pada sekitar pukul.11.50, damkar pun langsung memberangkatkan armadanya menuju TKP. "Tidak lama habis kejadian di Pagelaran, sekitar pukul 11.50 kami kembali mendapat kabar kebakaran ke arah utara Kabupaten Malang (Kecamatan Singosari). Api menyambar ke dalam tempat tinggal Arif Santoso (35). Diduga akibat kelalaiannya sehingga pemilik rumah menderita kerugian Rp. 50 juta," imbuh Goly.

Hingga akhirnya, api berhasil dijinakkan dalam waktu 45 menit. Di Singosari, pemadaman juga dibantu tim Pemadam Kebakaran Kota Malang dengan mengirimkan 2 unit armada. 

Topik
kebakaran di kabupaten malangperistiwa kebakaranDamkar Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru