238 Sapi Kurban Terdaftar di Perumda Tunas Malang, Sehari Sembelih 80 Ekor

Jul 20, 2021 17:36
Proses pasca pemotongan dan pembolengan sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Malang pada momentum Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah/tahun 2021, Selasa (20/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Proses pasca pemotongan dan pembolengan sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Malang pada momentum Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah/tahun 2021, Selasa (20/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebanyak 238 ekor sapi telah terdaftar dan siap disembelih pada momentum Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/tahun 2021 di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tugu Aneka Usaha (Tunas) Kota Malang

"238 itu terdaftar secara total, nanti tergantung kita bagi-bagi dari 238 sapi itu," ungkap Direktur Perumda Tunas Kota Malang Elfiatur Rokhiah kepada MalangTIMES.com, Selasa (20/7/2021).

Ratusan ekor sapi tersebut akan menjalani proses penyembelihan di dua tempat RPH milik Perumda Tunas Kota Malang, yakni di Gadang dan Cemorokandang yang dimulai pada hari ini Selasa (20/7/2021) hingga empat hari ke depan, tepatnya pada Jumat (23/7/2021). 

"Kalau yang terdaftar itu 238 sapi untuk empat hari ke depan tanggal 20, 21, 22, sampai 23, nanti kita alokasikan apakah di Gadang atau di Cemorokandang," terangnya. 

Sementara pihaknya masih belum mendapatkan berapa jumlah total kambing yang terdaftar sebagai hewan kurban di Perumda Tunas Kota Malang. Namun, pihaknya menyampaikan bahwa untuk kapasitas harian, di dua tempat RPH dibawah naungan Perumda Tunas Kota Malang dapat menampung maksimal hingga 170 hewan kurban. 

"Maksimal kapasitas kita 170 ekor. Jadi kita kan ada dua (RPH, red), Gadang sama Cemorokandang," tuturnya. 

Perempuan berkerudung ini menuturkan bahwa untuk hari ini yang bertepatan dengan hari pertama Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/tahun 2021, terdapat 80 ekor sapi yang sudah di sembelih hingga sore ini. 

"Hari ini 80 ekor sapi saja yang (RPH, red) Cemorokandang 12 ekor hari ini, yang (RPH, red) Gadang 68 ekor. Sapi saja yang kambing saya belum ada laporan berapa jumlahnya," jelasnya.

Untuk jumlah tersebut merupakan hewan kurban dari masjid-masjid yang memang pada setiap tahunnya sudah berlangganan untuk melakukan pemotongan hewan kurban di RPH Perumda Tunas Kota Malang. 

"Cuma ini ada tambahan-tambahan baru dari instansi yang biasanya motong sendiri di luar atau ditempat masing-masing itu sekarang beberapa ada yang kesini seperti Polresta," ujarnya.

Meski terjadi peningkatan, namun dinilai tidak signifikan. Elfiatur mengatakan bahwa di luar RPH, masih banyak panitia-panitia penyembelihan hewan kurban di masjid maupun musala di Kota Malang yang masih menggelar penyembelihan secara mandiri tidak melalui RPH. 

"Karena kapasitas kami juga enggak memungkinkan kalau semuanya disini," katanya.

Sementara itu, pendaftaran hewan kurban untuk disembelih di RPH sudah ditutup satu hari sebelum perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/tahun 2021. Namun tidak menutup kemungkinan jika terdapat takmir masjid atau masyarakat yang baru menyetorkan hewan kurbannya pada empat hari ke depan. 

"Kalau untuk mendaftar bisa, cuma kalau untuk menyerahkan itu kita lihat dulu jadwalnya, karena kita berhitung kapasitas," tandasnya. 

Untuk tarif penyembelihan hewan kurban seperti sapi dan kambing, dapat memantau melalui akun media sosial instagram @perumda_tunasmalang, website www.perumdatunas.com atau bisa langsung datang ke RPH Perumda Tunas Kota Malang Jalan Kolonel Sugiono Nomor 176, Kota Malang.

Topik
Hewan KurbanIdul AdhaKota MalangPerumda Tunas Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru