Cara Memasak Daging Kambing Kurban agar Empuk dan Tak Bau Prengus

Jul 20, 2021 08:23
Daging kurban (Foto: Droni.ge)
Daging kurban (Foto: Droni.ge)

INDONESIATIMES - Hari Raya Iduladha tentu sangat identik dengan menyembelih hewan kurban. Adapun hewan yang dikorbankan seperti sapi dan kambing. 

Hari ini, Selasa (20/7/2021) seluruh umat Islam tengah merayakan hari Raya Kurban ini. Biasanya setelah melaksanakan salat id, ibadah lain yang dilakukan masyarakat yakni menyembelih hewan kurban. 

Daging hewan kurban sapi atau kambing umumnya akan dibagikan kepada warga setempat. Maka dari itu, banyak orang yang mengolah daging hewan kurban untuk dijadikan aneka ragam masakan. 

Jika mendapat daging kambing biasanya sebagian orang bingung bagaimana cara mengolah agar tekstur yang keras bisa menjadi empuk dan tak beraroma menyengat. 

Tentunya perlu penanganan khusus untuk mengolah daging kambing kurban agar tak bau prengus dan bisa menjadi empuk sehingga sangat nikmat untuk dimakan nantinya. 

Biasanya, daging kambing kurban bisa diolah menjadi berbagai menu masakan khas seperti sate, gulai, tongseng, dan lain sebagainya. 

Adapun sejumlah rempah-rempah yang bisa digunakan untuk memasak daging kambing agar empuk dan tidak bau, seperti serai, daun jeruk, dan daun salam.

Melansir melalui channel YouTube Dapur Azizam Samarinda, berikut cara membuat daging kambing menjadi empuk dan tak bau prengus: 

1. Masukkan daging pada panci.

2. Potong buah nanas dengan ukuran kecil lalu masukkan sambil diremas-remas bersama daging.

3. Agar daging tidak bau, tambahkan rempah-rempah seperti serai dan jahe yang digeprek, daun jeruk kurang lebih 15-20 lembar, dan daun salam 3-4 lembar.

4. Diamkan rempah-rempah bersama daging selama 15 menit lalu masukkan air kurang lebih 2 liter.

5. Rebus daging beserta nanas dan rempah-rempah dengan api besar

6. Setelah mendidih, masukkan rempah lainnya seperti kayu manis dan kapulaga. 

7. Kecilkan api dan rebus daging beserta seluruh bahan 30 menit.

9. Setelah air surut, matikan api dan angkat daging kambing dari panci.

10. Lalu cuci kembali daging kambing dan bisa diolah menjadi berbagai macam menu masakan Iduladha.

Topik
Hewan Kurbansihir

Berita Lainnya

Berita

Terbaru