Kasus Konfirm Kota Batu Turun Drastis, BOR Tempat Tidur Isolasi Mulai Longgar

Jul 19, 2021 20:19
Update situasi Kota Batu.
Update situasi Kota Batu.

BATUTIMES - Kota Batu masih berada di zona merah atau risiko tinggi kasus Covid-19. Meskipun demikian, kasus konfirmasi sudah berada pada satu angka dan Bed occupancy ratio (BOR) tempat tidur isolasi rumah sakit rujukan mulai longgar di Kota Batu, Senin (19/7/2021).

Terpantau, kasus konfirmasi positif Kota Batu ada tambahan 7 pasien. Sehingga saat ini jumlah kasus kumulatifnya ada 2.118 orang. Sedangkan pasien Covid-19 yang sembuh ada tambahan orang.

“Dengan bertambahnya pasien yang sembuh jumlah kumulatifnya menjadi 1.729 orang,” ungkap Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto. 

Sementara itu kasus kematian hanya ada tambahan satu orang, sehingga jumlah kumulatifnya menjadi 164 orang. Sedangkan BED tempat tidur ICU yang disediakan 12 tempat tidur masih penuh. Tetapi yang longgar pada tempat tidur isolasi di rumah sakit rujukan di Kota Batu.

“Dari jumlah 110 tempat tidur isolasi di rumah sakit rujukan saat ini terpakai 96 tempat tidur. Jadi longgar 14 tempat tidur,” tambahnya.

Dengan demikian BOR total ICU dan isolasi di rumah sakit rujukan persentasenya 81,82 persen. Sedangkan rumah sakit rujukan itu tersebar di RS Karsa Husada, RS Bhayangkara, RS Baptis, RS dr Etty Asharto. Lalu situasi zona hijau di tingkat RT ada 947. Sementara yang masuk zona kuning ada 191 RT. Dengan keterisian shelter isolasi Kota Batu saat ini terpakai 74 pasien dari 156 bed yang tersedia di Kota Batu.

Menurutnya, apabila ditinjau dari 14 indikator bersatu lawan Covid-19, kondisi Kota Batu pada Minggu ini masih berada di skor 1,74 masuk pada zona merah atau risiko tinggi. Demikian pula dengan indikator ketersediaan layanan kesehatan pasien Covid-19 juga zona merah.

“Karena hari ini BOR tempat tidur ICU mencapai 100 persen dan BOR tempat tidur isolasi mencapai 87,3 persen. Artinya, kapasitas layanan RS tidak lagi mampu menampung pasien suspek atau konfirm,” tutup pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu ini.

Topik
covid 19 kota batuangka kesembuhan pasien covid 19Satgas Covid 19 Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru