Ukir Prestasi, 3 Mahasiswa STIKI Malang Lolos PKM AI

Jul 19, 2021 18:56
Tiga mahasiswa STIKI Malang yang lolos PKM-AI dan Dosen Pendamping (Ist)
Tiga mahasiswa STIKI Malang yang lolos PKM-AI dan Dosen Pendamping (Ist)

MALANGTIMES - Nama Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI) Malang kian harum dan semakin menasional. Pasalnya, 3 mahasiswa Program Studi (Prodi) Sistem STIKI Malang lolos Pekan Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI).  

Kompetisi penelitian ilmiah ini merupakan kompetisi tingkat nasional yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  (Kemendikbud Ristek).

3 mahasiswa ini adalah Albert Christopher, Maria Gita Teresa Febriani, Fransiskus Deo Immanuel. Dalam ajang itu, tiga mahasiswa ini mengusung judul Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi BCA Mobile Di Kota Malang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Judul yang mereka angkat kemudian berhasil menyisihkan ribuan peserta se-Indonesia.

Dijelaskan Albert, Ketua Tim dalam ajang PKM-AI ini, jika tujuan penelitian yang diusung adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat penerimaan pengguna pada aplikasi BCA mobile di kalangan generasi milenial. Dalam penelitian itu menggunakan metode TAM, di mana memfokuskan pada variabel perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention to use serta actual system use.

“Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif,” ujar Albert, saat dihubungi melalui jaringan pribadinya.

Dengan kelolosan yang diraih dalam PKM-AI, ia dan tim begitu senang dan bangga atas capaian yang diraih. Meskipun begitu, dirinya tak menyangka, jika melalui judul yang mereka usung akan lolos. Sebab, bukan tanpa alasan, persiapan yang dilakukan bersama tim dalam waktu yang cukup singkat, hanya sekitar 2 Minggu.

Selain itu, koordinasi antar tim sekaligus konsultasi dengan dosen pendamping, yakni Arif Tirtana SKom Mkom, hanya dilakukan beberapa kali saja dalam 1 Minggu.

“Kami berharap semoga penelitian kami dan tim dapat bermanfaat untuk mahasiswa maupun penulis yang memiliki topik serupa. Dan kami juga berharap, akan lebih banyak lagi mahasiswa STIKI yang kreatif dan memiliki ide untuk mengikuti kompetisi seperti PKM-AI," pungkasnya.

Topik
stiki malangmahasiswa stiki malangdapur umum pkk kediri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru