Pemkot Malang Bakal Tambah ICU Khusus Pasien Covid-19

Jul 19, 2021 17:00
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Arifina Cahyanti Firdausi/ MalangTIMES).

MALANGTIMES - Kasus Covid-19 di Kota Malang yang masih tinggi terus menjadi perhatian khusus. Terlebih, dengan jumlah kasus harian saat ini, bed occupancy rate (BOR) ICU dan IGD di rumah sakit rujukan overload. Bahkan, banyak pasien yang antre untuk mendapatkan penanganan.

Hal ini menjadikan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus berupaya optimal memberikan fasilitasi layanan kesehatan. Yakni, dalam waktu dekat bakal menambah sentra ICU yang akan ditempatkan di RSUD Kota Malang.

"Kami Pemkot Malang akan menambah centra ICU yang itu segala sesuatunya sudah ditata oleh Direktur RSUD," ujar Wali Kota Malang, Sutiaji, Senin (19/7/2021).

Rencananya, penambahan ICU khusus untuk pasien Covid-19 ini bakal disediakan cukup banyak hingga 70 bed. Hal ini dilakukan, agar pasien-pasien yang membutuhkan penanganan cepat bisa segera tertangani dengan baik dan sesuai prosedur.

"Kami rencanakan untuk ICU itu 50 sampai 70 an bed. Dan kita tempatkan di RSUD Kota Malang," jelasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Malang hingga kemarin (Minggu, 18/7/2021) jumlah total kasus terkonfirmasi positif tercatat sebanyak 8.865, ada penambahan 144 kasus baru.

Sedangkan, angka kesembuhan bertambah 10 orang, kini totalnya menjadi 6.434. Kemudian angka kematian totalnya sebanyak 700, dan pasien yang masih dalam pemantauan tercatat ada 1.731.

Tak hanya menambah centra ICU, Pemkot Malang juga bakal menyediakan tabung oksigen. Di mana, hal ini diharapkan mampu untuk digunakan oleh pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri. 

Penyediaan ini seiring dengan rencana Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang juga bakal memberikan fasilitasi isi tabung oksigen gratis bagi warga Malang Raya.

"Kami juga akan lakukan pengadaan tabung oksigen. Sehingga masyarakat nanti yang isoman-isoman kita pinjami, sehingga mandirinya bisa terjaga. Tidak bergantung di fasilitas kesehatan. Rencananya kita akan perbanyak hingga 200 tabung, tadi per tabung informasinya sekitar Rp 2,8 juta," pungkasnya.

Topik
centra icu covid 19Covid 19 Kota MalangPercepatan Penanganan Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru