Jasa Konsultan Telan Rp 3,8 Miliar, Revitalisasi Pasar Besar Dikebut Tahun Depan

Jul 19, 2021 14:06
Pasar Besar Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Pasar Besar Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Proyek revitalisasi Pasar Besar Kota Malang semakin menuai titik terang. Perkembangan terbaru, pasar yang dilalap jago merah enam tahun lalu itu sudah mendapatkan pemenang tender jasa konsultasi.

Berdasarkan data di LPSE Kota Malang, pemenang tender Jasa Konsultan ini adalah PT Rancang Persada dari Surabaya. Nilai akhir dari penawaran tender ini adalah Rp 3.886.388.000,00 atau Rp 3,8 M. Sebelumnya Nilai HPS dari pekerjaan ini dianggarkan Rp 5,3 Miliar.

Anggaran ini yang bakal menjadi dasar pelaksanaan konstruksi dari Detail Engineering Detail (DED) dari Revitalisasi Pasar Besar.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang M Sailendra menyampaikan, meski dalam situasi pandemi Covid-19, seluruh perencanaan revitalisasi pasar rakyat masih tetap berjalan. Termasuk, Pasar Besar yang menjadi prioritas saat ini dan masih dalam tahap lelang jasa konsultan.

"Total di tahun ini kan ada 6 pasar rakyat untuk direvitalisasi. Pasar Besar juga masih proses, saat ini proses lelang jasa konsultan," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan fisik revitalisasi Pasar Besar sejatinya bakal dilakukan di tahun 2022 mendatang. Hanya saja, sesuai arahan Wali Kota Malang Sutiaji, progress perencanaan tersebut tetap harus dijalankan.

Termasuk pula, sosialisasi kepada pedagang-pedagang pasar yang juga sudah dilakukan. Sehingga pembangunan fisik Pasar Besar yang sudah mangkrak selama kurang lebih 6 tahun itu bisa berjalan dengan baik.

"Tahun ini memang sosialisasi ke pedagang dan penataannya. Baru tahun depan sesuai arahan pak wali fisiknya dari Pasar Besar dibangun," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, proses pembangunan Pasar Besar Kota Malang ini cukup alot lantaran masih terkendala perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT Matahari Department Store. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang memastikan proses addendum dengan pihak ketiga tersebut telah diputuskan dan tengah disusun kembali.

Rencana Pembangunan Pasar Besar Kota Malang ini diperkirakan menelan anggaran senilai Rp 125 Miliar. Nantinya, pasar tersebut bakal dibuat layaknya pasar rakyat yang lebih modern, sehat, dengan berkonsep ala bangunan Eropa.

Topik
revitalisasi pasar besarPasar BesarKota Malangdinas perdagangan kota malangWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru