Korem 083/Bdj Sediakan Vaksinasi Harian bagi Masyarakat Umum di 4 Fasyankes

Jul 19, 2021 12:33
Dandekesyah Letkol Ckm dr Maksum Pandelyma SpOT saat ditemui awak media di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Minggu (18/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Dandekesyah Letkol Ckm dr Maksum Pandelyma SpOT saat ditemui awak media di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Minggu (18/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES -  Korem 083/Baladhika Jaya menggelar vaksinasi harian bagi masyarakat umum di Malang Raya.  Upaya ini dilakukan untuk terus mendukung percepatan vaksinasi nasional yang dicanangkan pemerintah pusat.

Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Dandekesyah) Letkol Ckm dr Maksum Pandelyma SpOT mengatakan gelaran vaksinasi harian bagi masyarakat umum masih terus berlangsung di empat fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di bawah naungan Kesdam V/Brawijaya. 

"Sementara untuk (vaksinasi, red) harian kita tetap juga ada untuk masyarakat umum," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Senin (19/7/2021). 

Perwira TNI dengan dua melati di pundaknya ini menyebutkan bahwa empat tempat fasyankes di bawah naungan Kesdam V/Brawijaya yang terus menggelar vaksinasi harian yakni Rumah Sakit Tentara (RST) dr Soepraoen, Rumah Sakit Bhirawa Bhakti, Klinik Rawat Jalan Rampal, dan Rumah Sakit Bantuan Lawang. 

"Itu harian kira-kira mereka tergantung timnya. Kalau biasanya, sekitar 400 sampai 600 orang per hari," terang mantan kepala Rumah Sakit Baladhika Husada Jember ini. 

Vaksin yang digunakan adalah Sinovac. "Saat ini yang kita pakai Sinovac," kata Maksum. 

Waktu pelaksanaannya mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB dengan memperhatikan ketersediaan vaksin yang ada di setiap fasyankes. 

Persyaratan masyarakat umum yang akan mengikuti gelaran vaksinasi harian juga  mudah sekali.  "Persyaratannya membawa KTP dan fotokopinya, lalu nomor handphone yang bisa dikirim SMS," ungkaonya. 

Jika telah membawa persyaratan untuk mengikuti vaksinasi, masyarakat dapat langsung mendaftar di meja-meja pendaftaram yang telah disediakan. Kemudian mendapatkan nomor antrean dan akan dipanggil sesuai waktu pelaksanaan.  "Nomor handphone yang bisa dikirim SMS nanti untuk Kemenkes mengirim sertifikat vaksinasi melalui 1199," kata Maksum. 

Terakhir, Maksum juga menginformasikan bahwa pihaknya akan terus gencar melakukan serbuan vaksinasi kepada masyarakat umum untuk mempercepat tercapainya herd immunity. "Program vaksin kami sampai Desember. Jadi, tiap minggu kemungkinan kita ada serbuan vaksinasi," pungkasnya.

Topik
Vaksinasi Covid 19PPKM darurat di Bondowosocapaian vaksinasi jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru