Akhirnya, Hari Ini Angka Sembuh Lebih Tinggi dari Positif Covid selama PPKM Darurat di Kota Batu

Jul 18, 2021 19:44
Update situasi Kota Batu.
Update situasi Kota Batu.

BATUTIMES - Sepanjang Pemberlakuaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Batu, angka terkonfirmasi positif covid-19 terus melonjak. Angka positif itu selalu mengalahkan angka kesembuhan. 

Namun pada Minggu (18/7/2021), angka terkonfirmasi positif menurun dratis. Angka terkonfirmasi positif hanya ada tambahan 15 pasien. 

Jumlah itu, misalnya,  berbanding terbalik dibandingkan Sabtu (17/7/2021). Pada Sabtu, angka positif covid-19 lebih tinggi dibanding angka kesembuhan. Bahkan tidak ada tambahan angka kesembuhan pada Sabtu.

Sementara angka kesembuhan Minggu  hari ini ada tambahan 32 pasien. Selain itu,  tidak ada tambahan kasus kematian hari ini. Padahal, dua hari terakhir, ada lima orang meninggal per hari.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu Onny Ardianto mengatakan, dengan bertambahnya pasien terkonfirmasi positif 15 orang, saat ini jumlah kumulatifnya mencapai 2.111 orang. Sedangkan dengan angka kesembuhan hari ini 32 orang, jumlah kumulatifnya menjadi 1.724.

Onny menambahkan, saat ini zona hijau kawasan RT di Kota Batu bertambah menjadi 949. Sementara Jumat ada 931 RT yang masuk zona hijau. Dengan demikian, zona kuning berkurang menjadi 189 RT. “Namun tidak ada RT yang masuk  zona merah dan zona oranye,” ucap pria yang juga kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu itu.

Sedangkan bed occupancy ratio (BOR) atau tempat tidur isolasi rumah sakit rujukan tersisa satu tempat tidur. Dan,  BOR tempat tidur ICU rumah sakit rujukan di Kota Batu terpantau masih penuh.

Rinciannya BED ICU sejumlah 12 tempat tidur dan BED isolasi sebanyak 110 tempat tidur. Jumlah itu tersebar di empat rumah sakit (RS) rujukan perawatan. Yakni RS Karsa Husada, RS Bhayangkara, RS Baptis, RS dr Etty Asharto.

Menurut Onny, apabila ditinjau dari 14 indikator bersatu lawan covid-19, kondisi Kota Batu pada Minggu ini masih berada di skor 1,74, masih masuk zona merah atau risiko tinggi.

Topik
Covid 19 di Kota Batusebutan jokowiPemkot BatuKecelakaan maut di TubanBerita Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru