Isi Ulang Oksigen Gratis dan Ambulans bagi Pasien Isoman Ada di Bakorwil Malang

Jul 18, 2021 17:36
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat konferensi pers di Kota Malang, Minggu (18/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta saat konferensi pers di Kota Malang, Minggu (18/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) telah menyiapkan program isi ulang oksigen gratis bagi masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) dan ambulans di Malang Raya.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ketika meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur, di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Minggu (18/7/2021). 

"Kita sedang menyiapkan untuk opsi oksigen isi ulang secara gratis bagi masyarakat Malang Raya. Persiapan di Bakorwil yang wilayah Malang Raya," kata Khofifah saat konferensi pers.

Layanan isi ulang oksigen gratis yang rencananya akan dipusatkan di Kantor Bakorwil  Malang di Jalan Simpang Ijen Nomor 2 ini, kata Khofifah ditujukan untuk para pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) maupun ambulans.

"Untuk mereka yang sedang isoman dan untuk ambulans yang sedang membutuhkan layanan isi ulang oksigen. Jadi kita semua bersatu, menyatukan gerakan kita," terangnya. 

Hal ini merupakan salah satu bentuk upaya yang akan dilakukan oleh Pemprov Jawa Timur untuk menekan angka kematian Covid-19 dan meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Jawa Timur. "Mudah-mudahan semua berseiring dengan ridhonya Allah segera melandaikan, menurunkan dan memutus mata rantai Covid-19 ini," ujarnya. 

Lebih lanjut, untuk angka pasien positif Covid-19 yang tiap harinya mengalami peningkatan secara eksponensial di Jawa Timur, orang nomor satu di Pemprov Jawa Timur ini mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup signifikan masyarakat yang melakukan testing secara mandiri. 

"Setidaknya ada enam kali lipat dari masyarakat yang melakukan Testing melalui Swab PCR (Polymerase Chain Reaction, red)," bebernya. 

Semakin banyak masyarakat yang melakukan Testing secara mandiri, memungkinkan jajaran Pemprov Jawa Timur untuk melakukan penekanan terhadap penanganan pasien Covid-19.

"Tetapi kita melihat bahwa Bed Occupation Ratio (BOR) okupansi rumah sakit ternyata flat, tetapi kelihatan hasil dari swab PCR menunjukkan peningkatan," terangnya. 

Sementara itu, berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Pemprov Jawa Timur per hari Minggu (18/7/2021) terdapat tambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak 5.726 orang, tambahan pasien meninggal sebanyak 333 orang, tambahan pasien sembuh sebanyak 2.986 orang dan tambahan yang dirawat sebanyak 2.407 orang.

Sehingga total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 239.168 orang, meninggal dunia sebanyak 16.252 orang, sembuh sebanyak 180.508 orang dan sedang menjalani perawatan sebanyak 42.408 orang.

Topik
Isolasi MandiriKhofifah Indar Parawansabakorwil malangbakorwil malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru