3 Tips WiFi Lancar di Smartphone, Cobain Deh

Jul 18, 2021 12:14
Ilustrasi (Reopan)
Ilustrasi (Reopan)

INDONESIATIMES - Bagi Anda yang terbiasa memanfaatkan layanan WiFi, baik di rumah maupun ruang publik. Ataupun yang terjebak saat paket data habis kuota, padahal membutuhkan koneksi internet, tentu sangat berharap terhadap kecepatan dari layanan WiFi.

Sayangnya, kerap layanan WiFi, khususnya di ruang publik kerap membuat Anda malah semakin frustasi saat memakainya. Lemot, putus-putus, menjadi hal biasa saat Anda mengakses internet melalui WiFi.

Nah untuk mengatasi hal itu, ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan agar sinyal WiFi publik atau di rumah bisa lancar di smartphone Anda. Simak tipsnya yang disadur dari berbagai informasi di bawah ini ya.

Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Tips ini bisa Anda lakukan dengan cara mengunduh aplikasi penguat sinyal di Play Store atau App Store.

Melalui aplikasi ini kecepatan internet melalui WiFi akan meningkat signifikan. Tapi, ini bisa membuat pengguna WiFi lainnya tak kebagian koneksi Lo.

Ubah Frekuensi Jadi 5 GHz

Tips kedua ubahlah frekuensi smartphone Anda menjadi 5 GHz. Frekuensi ini memiliki jangkauan luas dan sinyal kuat.

Cara mengubah frekuensi melalui Setelan di smartphone Anda. Pilih WiFi, pengaturan lanjutan dan ubah pita frekuensi WiFi jadi 5 GHz.

Buka Casing Ponsel Anda

Casing ponsel dengan bahan yang tebal dan kuat yang terbuat dari logam bisa jadi penyebab kecepatan internet melambat.

Saat ponsel Anda memiliki casing seperti itu disarankan untuk melepasnya. Tapi sebelumnya cek dulu apakah casing ponsel Anda mengurangi sinyal atau tidak.

Caranya, Anda dapat memeriksa kecepatan internet atau tes kecepatan saat casing dipasang dan saat dilepas. Bila ada perbedaan, maka Anda disarankan untuk melepas casing untuk kekuatan WiFi yang maksimal.

Lokasi Router

Tips berikutnya untuk WiFi di rumah yang dirasa sinyalnya kurang kuat. Bila itu yang terjadi, maka pindahkan mesin router ke tempat yang lebih cocok.

Caranya cari lokasi yang tinggi, hindari peralatan elektronik, dan dinding yang tebal.

WiFi Lemot karena Ada Penumpang Gelap

Sering terjadi WiFi di rumah atau pribadi mengalami koneksi buruk. Ini bisa terjadi karena ada penumpang gelap yang membobol jaringan tanpa izin.

Untuk mengatasi hal itu, rutinlah mengubah kata sandi Anda. Selain itu juga bisa dengan cara mengaktifkan fitur Broadcast SSIB di pengaturan WiFi.

Topik
Wifisubsidi kuota

Berita Lainnya

Berita

Terbaru