Wali Kota Dewanti Minta Warganya Patuh Larangan Salat Iduladha di Masjid

Jul 17, 2021 18:50
Wali Kota Batu Dewanti bersama Kapolres Batu Catur Cahyono saat rapat koordinasi di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Sabtu (17/7/2021).
Wali Kota Batu Dewanti bersama Kapolres Batu Catur Cahyono saat rapat koordinasi di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Sabtu (17/7/2021).

BATUTIMES - Demi menekan dan mencegah penyebaran Covid-19, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menekankan kepada warganya agar mengikuti instruksi surat edaran Kementerian Agama RI. Yakni larangan menjalankan salat Iduladha di masjid.

Dewanti mengatakan SE Kemenag harus dilaksanakan di Kota Batu. “Bukan melarang orang beribadah, ini adalah suatu penyelamatan masyarakat," katanya saat berada di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Sabtu (17/7/2021).

Untuk menjalankan instruksi dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas terkait larangan pelaksanaan salat Idul Adha di wilayah PPKM Darurat, Pemkot Batu menggelar rapat koordinasi di Graha Pancasila. Rapat koordinasi digelar bersama Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dewan Masjid Indonesia (DMI), Kemenag Batu, dan MUI.

Dalam kesempatan itu, Dewanti juga meminta kepada Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) untuk mensosialisasikan kepada lurah dan kades tentang SE tersebut. “Kami berharap supaya muspika mensosialisasikan kepada kades dan lurah,” tambahnya.

Untuk diketahui, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengeluarkan Surat Edaran Nomor. 15 Tahun 2021 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Sholat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 Masehi.

Menjalankan instruksi tersebut merupakan salah satu upaya untuk menekan angka terkonfirmasi positif dan mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Batu. Karena angka konfirmasi positif terus melonjak.

Sementara itu Kasatpol PP Pemkot Batu M. Nur Adhim, menambahkan rapat itu digelar untuk menyamakan persepsi terkait Hari Raya Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban. “Supaya saling kompak mendukung instruksi dalam SE ini,” ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolres Batu Catur C, sebagai aparat, mendukung dan menegakkan aturan yang berlaku. “Terkait hubungan dengan Allah SWT kami masih mempunyai hati nurani. Pihak kementerian sudah ada kajian dalam pelaksanaan salat Iduladha," ujarnya.

Topik
anang hari prabowoDewanti Rumpokodesa tiron

Berita Lainnya

Berita

Terbaru