Belum Dapat SMS Link Download Sertifikat Vaksin?, Tak Usah Bingung, Coba Cara Ini

Jul 17, 2021 18:43
Sertifikat vaksinasi (Ist)
Sertifikat vaksinasi (Ist)

MALANGTIMES - Saat ini, proses vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat terus berjalan. Berbagai daerah, termasuk juga Kota Malang juga kian gencar mengadakan program vaksinasi. Bagi masyarakat yang telah melakukan vaksinasi, akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti telah melakukan vaksinasi baik dosis 1 maupun dosis 2.

Dalam sertifikat tersebut, terdapat  nomor id sertifikat, nama dan tanggal divaksin serta terdapat sebuah kode barcode. Sertifikat akan dikirim melalui sebuah link untuk download sertifikat yang akan dikirimkan secara otomatis setelah seseorang didata dan melakukan vaksinasi.

Link tersebut, kemudian akan dikirimkan operator melalui Short Message Service (SMS) ke nomor masing-masing masyarakat yang telah didaftarkan dan telah melakukan vaksinasi. Namun di lapangan, ternyata masih ada beberapa kalangan masyarakat yang ternyata belum mendapatkan SMS link untuk download sertifikat bukti vaksinasi yang telah dilakukannya. 

Kebingungan pun tentunya dialami oleh masyarakat, ketika misalnya memerlukan sertifikat tersebut sebagai bukti telah melakukan vaksin saat adanya pemeriksaan petugas. 

Novita Ordiana Winardi ST, Koordinator Informasi Pendaftaran dan PIC BPJS RSI Unisma membenarkan jika beberapa masyarakat terkadang ada yang belum mendapatkan SMS link sertifikat. 

"Memang kadang ada yang tidak langsung mendapatkan SMS link itu, makanya kami informasikan bisa melihat dari situs pedulilindungi," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, jika masyarakat mengalami hal tersebut, bisa langsung masuk melalui browser ke situs pedulilindungi.id. Setelah itu, jika sudah memiliki akun, maka langsung tekan tombol login. Namun jika belum memiliki akun, lakukan register terlebih dahulu. 

Untuk mendaftar, maka akan diminta untuk mengisikan nama lengkap, nomor telfon dan setelah itu klik tombol buat akun. Belum sampai disitu, akan terdapat sebuah SMS dari pedulicovid yang akan masuk pada nomor yang telah didaftarkan. 

1

Isi dalam SMS tersebut, terdapat enam digit nomor yang digunakan sebagai verifikasi untuk login dalam akun. Setelah berhasil login, kemudian klik kolom nama di pojok kanan atas pada situs pedulilindingi. Kemudian klik pilih sertifikat vaksin, hingga kemudian akan muncul sertifikat vaksin atas nama pemilik akun. "Setelah itu bisa didownload," pungkasnya.

Topik
sertifikat vaksin covid 19peduli lindunginovita ordiana winardilarangan salat idul adhaRSI Unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru