PMM Kelompok 13 Gelombang 5 UMM Edukasi UMKM Dusun Rejoso, Desa Wisata Junrejo Kota Batu di Era Pandemi Covid-19

Jul 17, 2021 17:08

Kelompok 13 Gelombang 5 PMM UMM Dusun Rejoso melakukan pendataan  mengenai hambatan dalam penjualan produk UMKM selama era pandemi. Selama proses pendataan diketahui bahwa para pelaku UMKM tetap bertahan walaupun sekarang di era sulit. 

Kelompok 13 Gelombang 5 PMM UMM juga melakukan edukasi kepada pelaku UMKM yang belum bisa menggunakan penjualan dengan media online. Pelaku UMKM merasa terbantu dengan disosialisasikannya penjualan secara online ini dan sangat membantu bagi para pelaku UMKM.          

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia telah melemahkan masyarakat, mulai dari sektor ekonomi, pendidikan, wisata, dan lainnya anjlok daripada tahun sebelumnya. Dari sektor ekonomi, penjualan barang terhambat karena penerapan kebijakan lockdown di berbagai daerah menjadi sepi pembeli dari sektor perdagangan dan industri. 

Dari sektor pendidikan pun menjadi hambatan pula pengalihan belajar mengajar diubah dari tatap muka menjadi online. Sektor wisata pun menjadi terdampak juga, banyak dari sektor wisata juga ditutup guna mencegah Covid-19. 

Hal tersebut juga dirasakan oleh para pelaku UMKM di Dusun Rejoso Desa Wisata Junrejo Kota Batu. Para pelaku UMKM merasakan dampak yang sangat signifikan terkait penjualan produk UMKM..

Menurut salah satu pengrajin tas anyaman Pitoyo yang menjalankan usahanya, selama pandemi Covid-19 penjualan menjadi turun drastis dari biasanya. Penjualan menurun sekitar hampir 80% dari hari biasanya. 

Banyak pula dari para pelaku UMKM di Dusun Rejoso Desa Wisata Junrejo Kota Batu merugi hingga banyak sekali. Untuk mengatasi hal itu para pelaku UMKM melakukan terobosan supaya usahanya tetap berjalan walaupun di kala pandemik. Terobosan yang dilakukan ialah dengan memassifkan penjualan melalui pemesanan dan secara online. Para pelaku usaha banyak yang beralih yang hanya dari penjualan biasa menjadi online.

Penjualan melalui online meningkatkan penjualan mengenai produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM Dusun Rejoso, Desa Wisata Junrejo Kota Batu. “Memang pada saat pandemik seperti ini banyak mengalami penurunan akan tetapi para pelaku UMKM melakukan penjualan melalui online,” ujar salah satu pelaku UMKM Pitoyo. 

Tetap bertahan dengan melakukan produksi menjadi strategi yang dilakukan. Meskipun penjualan menurun drastis para pelaku usaha sekuat tenaga memasarkan produknya walaupun sedikit.

Kelompok 13 Gelombang 5 PMM UMM melakukan pendataan terkait UMKM yang ada di Dusun Rejoso. Pendataan ini diperlukan guna melihat perkembangan dari UMKM yang ada di Dusun Rejoso di era Pandemi Covid-19.

Topik
Pandemi Covid 19Covid 19Desa Wisata Junrejo Kota BatuProduk UMKMWisata Junrejo Kota Batusidak legislatif jombangKota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru