Penggolongan SIM C Baru Masih Tunggu Instruksi Pusat

Jul 17, 2021 16:27

KABUPATENMALANG - Satlantas Polres Malang masih menunggu instruksi lebih lanjut terkait rencana penggolongan pada Surat Izim Mengemudi (SIM) C. Sebagai informasi, belum lama ini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengeluarkan Perpol Nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan SIM.

Di dalam Perpol tersebut, khususnya dalam pasal 3 ayat 2 disebutkan bahwa SIM C akan dibagi menjadi 3 golongan. Yakni SIM C, SIM C1 dan SIM C2. Namun dalam hal ini, Satlantas Polres Malang masih menunggu instruksi langsung dari jajaran pimpinan.

"Kami belum menerapkan, saat ini kami masih menunggu instruksi dari atasan," ujar Kasatlantas Polres Malang, AKP Agung Fitransyah.

AKP Agung menjelaskan, berdasarkan Perpol Nomor 5 tahun 2021 tersebut, SIM C akan digolongkan berdasarkan kapasitas silinder mesin. Yakni SIM C untuk pengendara kendaraan dengan kapasitas maksimal 250cc, SIM C1 kapasitas 250cc sampai 500cc dan SIM C2 untuk kapasitas di atas 500cc.

"Untuk SIM C bagi pengemudi motor kapasitas silinder mesin sampai dengan 250cc, SIM CI itu untuk motor silinder mesin di atas 250cc sampai dengan 500cc, atau kendaraan bermotor sejenis yang menggunakan daya listrik. Itu rencananya, tapi kami belum melaksanakan, kami masih menunggu instruksi dari Dirlantas Polda Jatim, dan Kakorlantas Polri," terangnya.

Akan tetapi, tambah Agung, ritme kepengurusan SIM baik itu perpanjangan maupun baru, saat ini ritmenya mengalami penurunan.

"Saat ini, ritme pengurusan SIM saat PPKM Darurat mengalami penurunan," pungkasnya.

Sementara itu sebagai informasi, personel Satlantas Polres Malang sendiri saat ini juga masih fokus untuk pengamanan di Pos Penyekatan selama PPKM Darurat ini.

Topik
Pengurusan SIMalas cafe kph perhutani ngawiPolres Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru