Percepatan Vaksinasi, Korem 083/Bdj Targetkan 15 Ribu Dosis Selama 2 Hari di Kota Malang

Jul 17, 2021 16:06
Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Dandekesyah) Korem 083/Baladhika Jaya Letkol Ckm dr Maksum Pandelima, SpOT (kanan) saat ditemui awak media di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Sabtu (17/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Dandekesyah) Korem 083/Baladhika Jaya Letkol Ckm dr Maksum Pandelima, SpOT (kanan) saat ditemui awak media di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Sabtu (17/7/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dalam rangka menyukseskan Program Vaksinasi Nasional, Korem 083/Baladhika Jaya menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat di Kota Malang dengan target 15 ribu dosis vaksin selama dua hari. 

Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Irwan Subekti melalui Dandekesyah Korem 083/Baladhika Jaya Letkol Ckm dr Maksum Pandelima, SpOT menjelaskan bahwa pada gelaran vaksinasi massal bertajuk "Serbuan Vaksinasi Covid-19" ini disiapkan kuota sebanyak 15 ribu dosis vaksin. 

"Untuk saat ini kami laksanakan tanggal 17 dan 18 Juli 2021 dengan target 15 ribu dosis yang akan diberikan kepada masyarakat di Malang," ungkapnya kepada awak media, Sabtu (17/7/2021). 

Sebanyak 15 ribu dosis vaksin tersebut terdiri dari Vaksin Sinovac dan Vaksin AstraZeneca. Untuk Vaksin Sinovac sebanyak 10 ribu dosis yang merupakan bantuan dari Pusat Kesehatan TNI Angkatan Darat. Sedangkan untuk 5 ribu dosis lainnya merupakan Vaksin AstraZeneca bantuan dari Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan Kota Malang.

"10 ribu dosis Sinovac yang hari ini akan kita suntikkan dan besok kami dapat dukungan lagi 5 ribu dosis AstraZeneca yang akan kami distribusikan," terangnya. 

Untuk kelancaran gelaran vaksinasi massal yang dilaksanakan selama dua hari, pihaknya menggunakan beberapa tempat yang terdapat di Universitas Negeri Malang (UM). Yakni Graha Cakrawala, Gedung Sasana Krida serta di Lapangan Tennis Indoor UM. 

Sedangkan untuk waktu pelaksanaannya dibuka mulai pukul 08.00 WIB. Untuk gelombang pertama proses vaksinasi dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Kemudian istirahat selama satu jam. Lalu dilanjutnya pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. 

Perwira TNI dengan dua melati di pundaknya ini menyampaikan bahwa untuk tenaga vaksinator pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh Korem 083/Bdj ini berjumlah sekitar 400 orang yang diambil dari beberapa daerah. Yakni Madiun, Mojokerto, Pusdik Arhanud dan Yonkes-2. 

"Dari Malang sendiri RST Soepraoen, Makesdam, Rumah Sakit Birawa Bakti, Klinik Rawat Jalan Rampal dan Rumah Sakit Bantuan Lawang, semuanya 51 tim. 51 tim ini itu jumlah keseluruhan anggotanya 400 orang," terangnya. 

Terakhir, pihaknya berharap dengan adanya Serbuan Vaksinasi Covid-19 yang merupakan dukungan untuk mempercepat program vaksinasi nasional, Indonesia dapat segera terhindar dari Covid-19 serta terciptanya herd immunity. 

"Harapan kita semua, kita bisa segera lepas dari Covid ini dan untuk jangka pendeknya paling tidak bisa mencapai Herd Immunity. Jadi 70 persen masyarakat di Kota Malang bisa tervaksin," tandasnya. 

Sementara itu, pihaknya juga menyampaikan dan mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 5M dengan ketat. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Topik
bansos jemberKorem 083 Baladhika Jayacapaian vaksinasi jatimdosis vaksin

Berita Lainnya

Berita

Terbaru