Capaian Vaksinasi Lansia Masih Rendah di Kota Batu, Ini Upaya Dewanti

Jul 17, 2021 10:23
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kota Batu. (Foto: Irsya/BatuTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Kota Batu. (Foto: Irsya/BatuTIMES)

BATUTIMES - Sejak lonjakan terkonfirmasi positif covid-19 tinggi, warga Kota Batu berbondong-bondong melakukan vaksinasi. Namun, kondisi itu tidak terjadi pada kategori lansia (lanjut usia) atau 60 tahun ke atas 

Hingga saat ini, jumlah lansia yang mengikuti vaksinasi covid-19 masih jauh dari target Pemkot Batu. Lansia yang sudah menjalani vaksinasi baru 32,35 persen dari target 14.443 orang. 

Jika dibandingkan dengan kategori lain, target vaksinasi lansia itu juga kalah jauh. Tenaga kesehatan (nakes), misalnya, sudah mendapai 107,10 persen dari target 1.662 orang. Kemudian, pelayan publik tembus 303,53 persen dari target 9.007 orang.

Masih rendahnya lansia yang melakukan vaksinasi tersebut menjadi perhatian Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Wali kota meminta kepada warganya yang memiliki orang tua sudah masuk kategori lansia agar memberikan perhatian untuk melakukan vaksinasi di lokasi terdekat. “Yang punya orang tua sudah lansia, saya minta diantarkan ke tempat vaksinasi,” kata Dewanti.

Apalagi saat ini banyak tempat vaksinasi. Mulai puskesmas, klinik, dan rumah sakit menyediakan vaksin covid-19.

Karena itu, Dewanti meminta bagi lansia segera melakukan vaksinasi mengingat lansia rentan tertular covid-19. “Lansia termasuk salah satu yang rentan. Jadi, yang belum vaksin segera melakukan vaksinasi,” imbuhnya.

Bahkan, Dewanti bakal mengistimewakan lansia yang melakukan vaksinasi. Yakni dengan mendahulukan setiap lansia yang datang agar divaksin terlebih dulu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu drg Kartika Trisulandari menambahkan, perlu adanya pendekatan khusus agar bisa mencapai target vaksinasi lansia di Kota Batu. Salah satu upayanya melalui posyandu lansia yang terhenti karena kondisi pandemi sekarang.

“Sejumlah strategi sudah kami siapkan. Salah satunya dengan posyandu lansia. Tapi kondisinya  seperti ini, sementara dihentikan,” kata Kartika.

Selain itu, untuk mencapai target 170 ribu warga Kota Batu tervaksin covid-19, Dinas Kesehatan terus melakukan upaya jemput bola. Vaksinasi juga berlangsung di berbagai tempat seperti kantor desa/kelurahan, seluruh puskesmas, beberapa klinik, dan rumah sakit.

Topik
Pencurian di toko modernvaksinasi lansiaVaksinasi Covid 19Wali Kota BatuPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru