Ini Keunggulan Daftar ke Prodi Sistem Informasi Unikama

Jul 16, 2021 20:46
Gedung Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. (Foto: Istimewa)
Gedung Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Bagi para calon mahasiswa baru, tidak ada salahnya jika pada kesempatan ini mendaftar ke Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Malang (Unikama) yang memiliki banyak keunggulan. 

Ketua Prodi Sistem Informasi Unikama yakni Yoyok Seby Dwanoko menuturkan bahwa keunggulan yang dimiliki oleh Prodi Sistem Informasi Unikama mulai dari akreditasi, kurikulum kuliah hingga deretan prestasi dosen sampai mahasiswanya, semua komplit ada di Prodi Sistem Informasi Unikama. 

Keunggulan pertama yakni terkait akreditasi. Prodi Sistem Informasi Unikama merupakan prodi yang telah terakreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi) peringkat B. 

"Dengan SK BAN-PT nomor: 2791/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/V/2021 sehingga mampu bersaing dengan prodi semasa SI di Kota Malang atau seluruh Indonesia," ujarnya kepada MalangTIMES.com. 

Pria yang merupakan alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tahun 2008 ini juga menyampaikan, di Prodi Sistem Informasi Unikama memiliki Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang dapat ditempuh paling cepat 3,5 tahun atau tujuh semester untuk lulusan SMA/SMK/Sederajat. 

"Serta dalam waktu 1,5 tahun atau tiga semester untuk mahasiswa yang alih jenjang atau transfer ke Prodi Sistem Informasi dengan penyesuaian hasil konversi mata kuliah," imbuhnya. 

Selain itu, melalui program Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diterapkan di Prodi Sistem Informasi Unikama, nantinya para Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unikama dapat menempuh perkuliahan di internal kampus dan eksternal kampus. 

Hal itu dapat berupa bentuk pertukaran Mahasiswa Nusantara, kerja praktik atau magang, Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik, proyek kemanusian dan proyek independen yang semuanya dapat dikonversi menjadi SKS (Satuan Kredit Semester). 

"Sehingga ibarat satu kegiatan bisa diakui banyak mata kuliah," katanya. 

Terlebih lagi, kampus swasta yang telah berdiri sejak tahun 1975 ini juga telah terbukti mencetak para alumnus yang dapat mengharumkan nama almamater di kancah nasional hingga internasional. 

Otomatis, jaringan alumni dari Unikama khususnya di Prodi Sistem Informasi yang telah tersebar di seluruh Indonesia dapat menjadi referensi para mahasiswa ketika menghadapi kehidupan pasca kuliah yakni terkait mencari pekerjaan dan pengalaman dari jaringan kakak tingkat. 

"Memiliki dosen yang berkualitas sesuai bidangnya, yaitu IT. Selain itu dosen-dosen juga memiliki sertifikasi kompetensi teknis yang keahliannya sesuai dengan bidang ajarnya," terangnya. 

Sementara itu, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat yang selama pandemi Covid-19 ini dilakukan pelaksanaan perkuliahan secara daring (dalam jaringan), Prodi Sistem Informasi juga memberlakukan sistem perkuliahan daring. 

Pelaksanaan kuliah secara daring pun terasa efektif karena Prodi Sistem Informasi Unikama memiliki aplikasi e-learning dengan nama spade.unikama.ac.id yang digunakan sebagai kegiatan belajar mengajar secara online yang sudah berjalan 1,5 tahun. Sehingga memudahkan mahasiswa dan dosen untuk proses belajar mengajar. 

Lebih lanjut, terkait biaya kuliah, di Prodi Sistem Informasi Unikama sangat terjangkau di masyarakat. Hal itu terbukti bagaimana Unikama khususnya Prodi Sistem Informasi telah dikenal di Kota Malang hingga seluruh Indonesia. 

Sementara itu, beberapa prestasi juga pernah ditorehkan oleh Prodi Sistem Informasi Unikama. Diantaranya para dosen yang telah mendapatkan banyak hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari Kemendikbud RI. 

"Hal ini membuktikan bahwa dosen-dosen di prodi kami mempunyai kualitas yang bagus," katanya. 

Untuk di sisi mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unikama juga beberapa kali menorehkan prestasi di tingkat nasional dengan mendapakan dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Kewirausahaan serta hibah pembuatan Start-up yang diperoleh pada tahun 2021. 

"Tak ketinggalan juga Prodi Sistem Informasi juga berprestasi mendapatkan hibah dari pemerintah yaitu hibah kerjasama kurikulum MBKM tahun 2020 sehingga menambah prestasi lagi," terangnya. 

Selain itu juga mengadakan pertukaran mahasiswa melalui hibah Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara (Permata 2020) dari Kemendikbud RI. Kemudian ditunjuk menjadi Prodi Sistem Informasi yang menerima mahasiswa dari luar yaitu dari Lampung, Jakarta dan Jawa Barat.

"Untuk meningkatkan pelayanan kualitas layanan pendidikan di Prodi Sistem Informasi setiap semester kita punya Gugus Kendali Mutu (GKM) yang bertugas untuk mengontrol dan menjaga mutu disemua standar akademik yang kami miliki," ujarnya.

Sehingga mutu layanan pendidikan Prodi Sistem Informasi Unikama dijamin dan selalu ada monitor serta evaluasi internal setiap bulan tentang kegiatan tridarma perguruan tinggi. Di akhir mahasiswa menempuh perkuliahan akan diikutkan program Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). 

"Standar minimal mahasiswa lulusan kami memiliki dua sertifikasi kompetensi yang nantinya bisa digunakan pada saat mencari job setelah lulus kuliah," tuturnya. 

Terakhir, pihaknya berharap agar Prodi Sistem Informasi Unikama dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat maupun para calon mahasiswa untuk berkuliah dan menempuh pendidikan di Unikama. 

"Semua bisa jadi kenyataaan. So, para milenial mau menguasai IT? mari gabung dengan kami Program Studi Sistem Informasi Unikama," pungkasnya.

Topik
unikama malangkeunggulan prodi unikamajumlah dosis vaksin terpakaiBerita Pendidikan Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru