Sebelum Viral di Malang, Ketuk Pintu Misterius Telah Terjadi di Luar Negeri

Jul 16, 2021 16:53
Ilustrasi ketuk pintu misterius (istimewa)
Ilustrasi ketuk pintu misterius (istimewa)

MALANGTIMES - Video misterius ketukan berulang-ulang ke pintu rumah orang yang diduga terjadi di Malang ternyata juga terjadi di beberapa daerah di luar negeri.

Seperti diberitakan, baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan video yang menunjukkan pintu rumah orang yang diketuk berkali-kali. Namun anehnya, setelah dilihat sang pemilik rumah, ternyata tidak ada seorang pun yang berada di depan pintu.

Video itu kemudian viral di berbagai media sosial. Bahkan video tersebut diduga telah diedit dengan berbagai narasi. Salah satunya adalah narasi bahwa suara ketukan itu berasal dari hantu.

Setelah ditelusuri, video itu diambil seorang warga berinisial R alias S di rumahnya yang ada di Desa Tawangrejeni, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Dalam hal ini, Polres Malang lalu mendatangi pembuat video itu. Dan berdasarkan hasil klarifikasi kepada pembuat video, diketahui bahwa video yang viral itu adalah hoaks dan sudah melalui proses edit.

“Jadi, itu bukan hantu. Itu hoaks. Karena editan dari orang yang mengambil video tadi,” kata Paur Subbag Humas Polres Malang Ipda Andi Agung, Jumat (16/7/2021).

Berdasarkan hasil penyelidikan di lapangan, mulanya suara ketukan pintu datang dari luar rumah R. Dan suara ketukan pintu berturut-turut itu terjadi selama tiga malam.

Pada malam ketiga itu, R lantas membuat video ihwal adanya suara ketukan itu. Video tersebut lantas disebar melalui fitur WhatsApp story pribadinya.

Diduga, dari story WhatsApp R itu, ada yang menyimpannya. Dan penyimpan video lantas mengedit dan menyebarkan ulang. Diketahui bersama bahwa yang beredar luas tersebut adalah hasil editan sehingga video tampak lebih seram. Bahkan suara ketukannya juga dibuat semakin kencang.

"Itu perempuan yang punya video. Itu statusnya di WhatsApp. Kemudian ada orang yang mengambil video tersebut, diedit dan disebarkan," kata Andi.

"Kemudian viral yang diedit tadi. Karena sudah dua hari viral, akhirnya kami datangi ke tempatnya. Akhirnya beliau (R) menyampaikan bahwa tidak ada niat membuat resah masyarakat," imbuhnya.

Kepada polisi, R mengaku bahwa suara ketukan bukan mesterius. R menduga ada tetangganya yang iseng mengetok pintu. Terlebih suaminya penakut terhadap hal-hal berbau mistis.

Pihak kepolisian lantas menganggap viralnya video itu tidak jadi persoalan karena sudah ada klarifikasi dari pembuatnya. "Sudah di-clear-kan masalahnya. Sudah aman," pungkas Andi.

Sementara itu, video ketukan pintu rumah yang dianggap masyarakat misterius itu terjadi juga di beberapa daerah di negara tetangga Malaysia. Seperti di daerah Sabak Bernam, Selangor, hingga meluas ke Kampung Melayu Majidee dan Iskandar Puteri, Johor Bahru.

Saat viral, banyak masyarakat yang mengkaitkan hal tersebut dengan hal mistis. Bahkan ada masyarakat  Jawa yang menyebut hal itu adalah 'pagebluk' atau wabah (penyakit) yang sedang merambah.

Topik
Kejadian mistisKejadian ViralPolres MalangPencuri jeruk

Berita Lainnya

Berita

Terbaru