Sulit Didapat, Pemkot Malang Masih Buka Pendaftaran Relawan Covid-19

Jul 15, 2021 14:25
Petugas pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Petugas pemakaman jenazah Covid-19 di Kota Malang. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Seiring dengan terus melonjaknya kasus Covid-19, petugas kesehatan hingga pemakaman di Kota Malang cukup kewalahan. Hal ini menjadikan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang masih terus membuka pendaftaran relawan Covid-19 sebanyak-banyaknya.

Relawan ini dibutuhkan khusunya untuk membantu tugas tim pemakaman Covid-19 dan tim pemulasaran jenazah. Hanya saja, hal itu cukup sulit didapatkan. Mengingat, pekerjaan sebagai relawan memang berisiko untuk bersinggungan dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, dari dibukanya rekruitmen relawan sejak dua pekan lalu, saat ini baru didapatkan 8 orang relawan. Di mana masih sangat dibutuhkan lebih banyak lagi untuk membantu petugas di lapangan.

"Jadi ada 47 yang mendaftar, setelah itu diberikan bimbingan dan pendalaman literasi beberapa tereleminasi karena persyaratan. Sisa jadi 18, namun berkurang lagi banyak yang mundur. Terus turun hingga 8 ini yang didapat," ujarnya.

Sutiaji menjelaskan, para calon relawan tersebut banyak yang mundur lantaran tidak mendapatkan izin dari keluarganya. Melihat hal itu, pendaftaran relawan Covid-19 di Kota Malang terus dibuka.

"Ya padahal sudah kita buka pendaftaran. Tapi memang jumlah yang daftar tidak banyak. Ada yang tidak dapat izin orang tua, istri, suami sehingga ya baru itu," jelasnya.

Meski begitu, Pemkot Malang mengapresiasi relawan yang sudah terjaring ini. Pihaknya akan tetap memaksimalkan berapapun jumlah yang ada saat ini untuk membantu penanganan Covid-19 di Kota Malang.

"Kami beri honor iya, tapi jumlahnya kami tidak akan informasikan ya. Mereka sudah ikhlas sebagai relawan luar biasa," tandasnya.

Sementara itu, bagi warga Kota Malang yang tergerak untuk ikut terlibat dalam penanganan Covid-19 dan menjadi sukarelawan, Pemkot Malang masih membuka program “Ngalam Memanggil”.

Persyaratannya, merupakan warga berusia minimal 18 tahun dan memiliki komitmen menjadi relawan kemudian bisa mendaftarkan diri ke Bagian Kesra Pemkot Malang, DLH Kota Malang dan PSC 119 Kota Malang.

Topik
youtuber bagi bagi uangbpr restu dana citra sejahteraCovid 19 Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru