Tertinggi Sepanjang Pandemi, Kota Batu Tambah 65 Kasus Covid-19 dalam Sehari

Jul 14, 2021 09:51
Update situasi di Kota Batu.
Update situasi di Kota Batu.

BATUTIMES - Kasus konfirmasi positif covid-19 di Kota Batu kembali melonjak tajam. Pada Selasa (13/7/2021) malam, tercatat ada penambahan 65 kasus baru. Angka itu menjadi kasus terbanyak sepanjang pandemi covid-19 melanda Kota Apel tersebut.

“Per tanggal 12 juli, rilis data pasien konfirm otomatis diambil dari data New All Record Kementerian Kesehatan,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto.

Hasil rilis itu menurutnya tidak serta merta menggambarkan kondisi lapangan saat itu (hari Selasa). Karena bisa jadi hasil lab yang dirilis hari tersebut berasal dari sampel yang sudah dikirim beberapa hari bahkan minggu yang lalu. Bahkan, ada beberapa hasil PCR pasien yang baru keluar setelah 10 hari melakukan tes.

“Hasil lab tergantung dari kapasitas pemeriksaan dan reagen laboratorium,” ujar Onny.

Dengan bertambahnya 65 pasien konfirm tersebut, jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kota Batu mencapai 1.952 orang. Sayangnya, dengan penambahan kasus tersebut tidak ada tambahan pada kesembuhan dan kematian.

Sehingga, kasus kesembuhan kumulatif saat ini berada diangka 1.566 orang. Dengan angka kematian kumulatif sejumlah 154 orang, sementara kasus pasien yang aktif ada 232 orang.

“Dengan bertambahnya kasus positif membuat zona hijau tingkat RT di Kota Batu pun berkurang jadi 949. Sehingga banyak yang masuk ke zona kuning 189 RT,” ujarnya.

Meski demikian, sampai saat ini belum ada yang masuk zona oranye dan zona merah. Selain itu saat ini BOR tempat tidur ICU masih penuh atau 100 persen dari kapasitas 12 tempat tidur di seluruh rumah sakit rujukan di Kota Batu.

Sedangkan BOR tempat tidur isolasi mencapai 97,27 persen. Atau kapasitas tempat tidur saat ini yang terpakai 107 tempat tidur dari 110 tempat tidur yang tersedia di seluruh rumah sakit rujukan di Kota Batu.

“Saat ini Kota Batu juga masih masuk zona merah  atau risiko tinggi dengan skor Minggu ini mencapai 1,74,” tutupnya.

Topik
Kasus Covid 19Kota BatuPasien Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru