Tetap Prima Selama Pandemi Covid-19, Program Pandawa BPJS Kesehatan Mudahkan Peserta Akses Layanan

Jul 14, 2021 07:24
Salah satu peserta JKN-KIS asal Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang yakni Budi Agustin. (Foto: BPJS Kesehatan Malang)
Salah satu peserta JKN-KIS asal Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang yakni Budi Agustin. (Foto: BPJS Kesehatan Malang)

MALANGTIMES - Meski di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, dengan segala keterbatasannya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Salah satunya yakni melalui inovasi program Pandawa. Pandawa yang memiliki kepanjangan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp merupakan layanan yang memberikan kemudahan bagi seluruh peserta JKN-KIS dan untuk pelayanan Pandawa di wilayah Malang dapat mengakses nomor WhatsApp yang telah disiapkan oleh BPJS Kesehatan Cabang Malang.

Layanan adminstrasi yang dapat diakses melalui Pandawa yakni penambahan atau pengurangan anggota keluarga PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) atau PPU (Pekerja Penerima Upah) dengan iuran kelas rawat nominal, perubahan FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama), perubahan kelas rawat, perubahan identitas, hingga penggantian kartu hilang. 

Selain itu juga terdapat layanan administrasi pendaftaran peserta baru PBPU dan BP, pendaftaran peserta baru PPU PN, pengaktifan dan penonaktifan WNI dari dan ke luar negeri, peralihan jenis kepesertaan, perbaikan data dan rekonsiliasi data. 

Semua layanan administrasi tersebut diberikan oleh BPJS Kesehatan dengan tujuan mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 dengan meminimalisir tatap muka secara langsung dan  mencegah terjadinya kerumunan. 

Salah satu peserta JKN-KIS yang telah menggunakan layanan Pandawa yakni Budi Agustin warga Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Dia menggunakan layanan Pandawa untuk mengaktifkan kartu BPJS Kesehatan anaknya yang ketiga, karena anaknya sudah berusia 21 tahun dan masih berstatus sebagai mahasiswa. 

"Saya merasa puas dan sangat terbantu dengan adanya layanan Pandawa. Karena adanya layanan Pandawa saya tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan, namun tetap mendapat pelayanan cepat dan baik. Maka dari itu saya memberi ulasan yang baik sesuai dengan apa yang saya alami," ungkapnya kepada MalangTIMES.com.

Pada saat menggunakan layanan Pandawa, Agustin menuturkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan pun cukup cepat. Setidaknya kurang dari satu jam Agustin sudah mendapatkan layanan yang diinginkan. 

"Respons dari layanan Pandawa ini sangat  cepat. Saya baru chat pukul 14.00 WIB dan selesai tidak sampai pukul 15.00 WIB," tuturnya. 

Menurutnya, dengan kehadiran program Pandawa ini sangat memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dalam berkomunikasi. Terutama terkait dengan pelayanan administrasi yang sudah bisa diakses melalui WhatsApp. Di mana layanan non tatap muka lebih dibutuhkan untuk mencegah persebaran Covid-19 di masyarakat.

"Saya juga menginformasikan program Pandawa ini kepada keluarga besar saya dan asisten rumah tangga untuk memanfaatkan layanan tersebut apabila memiliki keluhan. Karena memang pelayanannya bagus dan saya sangat puas," pungkasnya.

Topik
tips padu padanBPJS KesehatanJKN KISKabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru