Pemkot Batu Pantau Hewan Kambing yang Dijual, Beri Vitamin Antibiotik

Jul 13, 2021 15:45
Petugas saat memberikan kartu pada hewan kurban yang dijual di Jl Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Selasa (13/7/2021). (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Petugas saat memberikan kartu pada hewan kurban yang dijual di Jl Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Selasa (13/7/2021). (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

BATUTIMES - Menjelang Hari Idul Adha 1442 hijriah/2021 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu memastikan kondisi hewan kurban yang dijual di beberapa titik di Kota Batu. Hasilnya didapati ada kurban yang perlu diberi vitamin.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu bersama timnya terdiri dari dua dokter dan paramedis melihat langsung kondisi hewan kurban khususnya kambing tang dijual di 9 titik yang tersebar di Kota Batu, Selasa (13/7/2021). Satu per satu kambing dilihat kondisi kesehatannya.

Setelah dinyatakan sehat, pihak dinas memberikan kartu bertanda jika kambing tersebut sehat. Selain itu kambing yang terlihat kurang sehat juga diberikan vitamin, supaya nantinya menjelang dilakukan pemotongan kondisinya sehat

Kemudian di depan kandang kambing seperti di Jl Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu juga diberi keterangan kondisi kambing yang dijual dinyatakan sehat. Hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan para pembeli jika ingin membeli kambing kondisi kambing di sana sehat.

“Ini tadi hasilnya pemeriksaan melihat ada beberapa yang perlu diberikan tambahan vitamin,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Sugeng Pramono saat berada di Jl Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu.

Kambing tersebut perlu diberi vitamin lanjutnya, lantaran usai perjalanan jauh. “Mungkin karena kecapekan sehingga kambing ini stres, jadi perlu diberikan vitamin,” tambahnya.

Vitamin yang diberikan itu adalah antibiotik. Hanya saja, vitamin diberikan kepada kambing yang akan dipotong.

“Kita berikan vitamin, kita berikan antibiotik untuk yang mau dipotong,” ucap Sugeng. Selain itu pihaknya juga memberikan pantauan terhadap pedagang dari luar Kota Batu.

“Ada beberapa pedagang dari luar kota dua di Kecamatan Bumiaji, dipantau ekstra kan masuk di Kota Batu dilihat kesehatannya dan prokes lebih diperketat,” tutupnya.

Topik
Idul AdhaJelang hari raya Idul Adhapemeriksaan hewan kurban

Berita Lainnya

Berita

Terbaru