Dewan Dorong Pemkab Malang Dirikan Faskes Tingkat Desa

Jul 13, 2021 13:40
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Sodiqul Amin (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Sodiqul Amin (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Upaya menekan jumlah penyebaran Covid-19 masih menjadi prioritas di Indonesia, termasuk di Kabupaten Malang. Hal ini disebabkan pergerakan kasus Covid-19 yang masih fluktuatif. Bahkan cenderung meningkat pada beberapa waktu terakhir ini. 

Keseriusan pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19 ini dimulai dari kelompok masyarakat terkecil. Yakni dari lingkup RT, RW dan tingkat desa. Terbaru, Forkopimda Kabupaten Malang akan mendirikan safe house di masing-masing kecamatan. Tujuannya, agar penanganan Covid-19 di tiap kecamatan dapat lebih fokus. 

Menurut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Sodiqul Amin hal itu ditangkap menjadi sebuah pintu masuk untuk dapat merealisasikan fasilitas kesehatan tingkat pertama di tingkat desa. Sebab, upaya penanganan Covid-19 saat ini juga telah dimulai dari desa. 

"Paling tidak ini menjadi embrio untuk nantinya ada fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama di desa. Karena sejak pandemi ini pelayanan kesehatan kan sudah dilakukan di desa-desa. Petugas Puskesmas juga ke desa-desa untuk memantau perkembangan kesehatan warga," ujar Sodiqul melalui sambungan telepon, Selasa (13/7/2021).

Selain itu, menurut politisi partai Nasional Demokrasi (Nasdem) ini, kesehatan juga menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Sehingga diharapkan setelah pandemi ini berakhir, pelayanan kesehatan kepada masyarakat masih bisa didapat walaupun di tingkat desa. 

"Jadi pandemi ini, paling tidak bisa mengingatkan kita bahwa, kesehatan itu juga menjadi pelayanan dasar bagi masyarakat. Paling tidak ini bisa menjadi awal untuk dapat merealisasikan pelayanan kesehatan di tingkat desa," jelas dia. 

Sementara untuk penganggarannya, Sodiqul menyebut bahwa memang saat ini masih difasilitasi oleh Dana Desa (DD), namun tidak menutup kemungkinan kedepannya rencana tersebut dapat lebih difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. 

"Ya memang, terutama untuk safe house di kecamatan itu kan salah satu dukungannya dari desa. Artinya jika rencana faskes di tingkat desa ini bisa direalisasikan, ke depan mungkin bisa lebih dikoordinasikan di jajaran di atasnya. Mungkin bisa dianggarkan melalui APBDes, atau mekanisme lain. Artinya, ini sangat bagus untuk jadi awal," pungkasnya.

Topik
safe house kabupaten malangsafe housegang dollyPercepat Penanganan Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru