Layanan BPJS Kesehatan Berikan Kemudahan Hingga Jangkau Dokter Praktik Perorangan

Jul 13, 2021 11:45
Salah satu dokter perorangan yang membuka layanan praktik yakni dr. Eka Nurlina. (Foto: BPJS Kesehatan Malang)
Salah satu dokter perorangan yang membuka layanan praktik yakni dr. Eka Nurlina. (Foto: BPJS Kesehatan Malang)

MALANGTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya memberikan kemudahan bagi masyarakat maupun tenaga kesehatan. Terutama untuk saling memberikan kemudahan dan kelancaran dalam akses fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). 

Selain fasyankes seperti Klinik, Puskesmas, Rumah Sakit, peserta BPJS Kesehatan juga dapat menggunakan layanan kesehatan dengan Kartu BPJS Kesehatan di Dokter Praktik Perorangan (DPP). Akhirnya masyarakat pun dapat merasakan manfaat dari layanan kesehatan yang diberikan dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan. 

Salah satu DPP yang kerap kali memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan yakni di DPP dr Eka Nurlina yang bertempat di Jalan Raya Kasembon, Desa Sanggrahan Lor, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. 

Mengenai prosedur pemeriksaan, Eka mengatakan bahwa prosedur yang diberlakukan ditempat dirinya sangat mudah sekali. "Dimulai dari administrasinya dulu. Peserta datang, masuk ke bagian pendaftaran, lalu kami data kemudian ambil nomor antrean melalu P-Care," ungkapnya kepada MalangTIMES.com. 

Pihaknya menambahkan bahwa di tempat DPP dr Eka Nurlina yang ia jalankan tidak terdapat ketimpangan sosial dalam hal pemberian layanan kesehatan. Meskipun bukan peserta BPJS Kesehatan, masyarakat juga mendapatkan layanan kesehatan yang sama.

"Jumlah peserta disini sekitar 900-an dan kami perlakukan secara adil dan sama rata," imbuhnya.

Dengan banyaknya masyarakat yang kerap kali meminta layanan kesehatan di tempat praktiknya, Eka bersama pegawainya pun juga terus mengimbau masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Karena manfaat yang diberikan banyak sekali. 

"Tentu saja kami selalu mengedukasi perihal BPJS Kesehatan. Eman kalau sampai ada peserta yang tidak pakai BPJS Kesehatan. Karena banyak sekali manfaatnya," tuturnya. 

Berkaitan dengan hal rujukan, mayoritas masyarakat yang telah menjadi pasien langganan dari tempat praktik dr Eka Nurlina ini terbilang taat dengan arahan yang diberikan oleh dokter. 

"Alhamdulillah selama ini peserta atau pasien saya selalu nurut untuk hal rujukan. Bahkan tidak sedikit peserta yang tidak mau dirujuk karena sudah puas sekali dengan pelayanan di DPP dr. Eka Nurlina ini," jelasnya. 

Meskipun begitu, pihaknya juga bertindak secara profesional. Karena terdapat beberapa peserta yang harus mendapatkan layanan kesehatan dari dokter spesialis, maka dirinya akan merujuk pasiennya menuju dokter spesialis. 

"Ada beberapa peserta yang memang harus ditangani secara professional oleh para spesialis. Jadi saya jelaskan secara detail mengapa harus saya rujuk. Ketika sudah saya jelaskan secara terperinci, Alhamdulillah pesertanya mengerti dan mau untuk dirujuk," terangnya. 

Sementara itu, pihaknya juga menuturkan terkait program Prolanis yang diberlakukan di DPP dr Eka Nurlina. Bahwa selama pandemi Covid-19, Program Prolanis memang sedikit terhambat. "Contohnya adalah ketiadaan kegiatan senam dan penyuluhan. Akan tetapi untuk kontrol tetap terlaksanakan," katanya.

Terakhir, pihaknya menyampaikan bahwa DPP dr Eka Nurlina memiliki motto yang dirasa juga sama dengan tujuan dari BPJS Kesehatan. Yakni, Mudah Berkualitas. Di mana diharapkan pelayanan mudah dari BPJS Kesehatan maupun DPP dr Eka Nurlina ini bisa memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas bagi para peserta.

Topik
Layanan KesehatanBPJS KesehatanKabupaten Malangkemudahan akses kesehatan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru