Penerima Bantuan Pangan Beras di Kota Batu Berkurang 96 KK

Jul 12, 2021 19:18
Petugas saat menurunkan beras di Kota Batu.
Petugas saat menurunkan beras di Kota Batu.

BATUTIMES - Pada bulan Juli 2021, penerima bantuan pangan beras di Kota Batu berkurang cukup pesat. Tercatat pada bulan ini yang menerima bantuan ada 1.881 kartu keluarga (KK) di Kota Batu.

1.881 KK itu tersebar di 24 desa/kelurahan. Jumlah itu ada pengurangan, sebab jumlah penerima pada bulan Maret menyentuh angka 1.977 KK. Dengan demikian berkurang 96 KK.

Masing-masing KK ini mendapatkan jatah 10 kilogram setiap bulannya. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara terpisah di masing-masing desa/kelurahan di Kota Batu.

Beberapa lokasi yang telah melakukan pembagian bantuan, diantaranya Kelurahan Sisir, Desa Pesanggrahan, Desa Sumberejo, dan Desa Giripurno, Senin (12/7/2021). 

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu Lestari Aji mengatakan, bantuan pangan beras diberikan kepada warga miskin yang rawan pangan.

“Bantuan itu merupakan program setiap tahunnya yang diberikan setiap bulan,” katanya. 

Pemberian bantuan pangan beras ini juga bertujuan untuk membantu masyarakat miskin agar tidak mengalami rawan pangan. “Terutama akibat terdampak pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak tahun 2020,” tambah Lestari. 

Kemudian yang menerima bantuan ini adalah masyarakat yang belum masuk penerima bantuan sosial lainnya. Pihaknya juga melakukan monitoring setiap bulannya untuk dievaluasi. Jika didapati keluarga yang meninggal dunia, maka akan dialihkan pada ahli waris.

“Bantuan akan diberikan jika ahli warisnya tersebut, masih tergolong masyarakat yang tidak mampu,” tutup Lestari.

Sedang penerima telah melalui proses verifikasi dan validasi dari Dinas Sosial Kota Batu, serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu.

Topik
jumlah penerima bantuan pangan berasaturan di ppkm daruratlaporan kekayaan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru