Vaksinasi Massal Hari Pertama di Polresta Malang Kota Diikuti 150 Peserta

Jul 12, 2021 18:34
Salah satu perwakilan elemen masyarakat yang mengikuti program vaksinasi massal di Polresta Malang Kota, Senin (12/7/2021). (Foto: Humas Polresta Malang Kota) 
Salah satu perwakilan elemen masyarakat yang mengikuti program vaksinasi massal di Polresta Malang Kota, Senin (12/7/2021). (Foto: Humas Polresta Malang Kota) 

MALANGTIMES - Program vaksinasi massal yang digelar oleh Polresta Malang Kota bertempat di lapangan parkir belakang Mapolresta Malang Kota banyak diminati oleh berbagai elemen masyarakat. Setidaknya pada hari pertama pelaksanaan, sebanyak 150 peserta telah memenuhi kuota vaksinasi massal. 

Kasubag Humas Polresta Malang Kota Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengatakan bahwa pada gelaran vaksinasi massal pada hari pertama, diikuti oleh berbagai unsur elemen masyarakat. 

"Pelaksanaan vaksinasi massal dalam rangka percepatan vaksinasi nasional Covid-19 ini dilakukan kepada anggota organisasi massa (ormas) Pemuda Pancasila, Posko Timur, HmI dan Orda Mahasiswa NTB," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Senin (12/7/2021). 

Untuk kuotanya sendiri, tim tenaga kesehatan dari Polresta Malang Kota menyiapkan 150 dosis Vaksin Sinovac untuk disuntikkan kepada peserta dari elemen masyarakat yang sudah terdaftar. 

"Peserta vaksin sangat antusias dengan kegiatan vaksinasi massal. Dari 150 kuota vaksinasi, hanya 142 orang yang bisa tervaksin," ujarnya. 

Hal tersebut karena berbagai alasan kesehatan yang merupakan syarat utama untuk mengikuti program vaksinasi massal yang digelar oleh Polresta Malang Kota. 

Perwira dengan dua balok di pundaknya ini menuturkan bahwa persyaratan yang harus dibawa oleh para anggota elemen masyarakat untuk dapat mengikuti gelaran vaksinasi massal di Polresta Malang Kota sangat mudah. 

"Minimal berusia 18 tahun. Lalu membawa fotokopi KTP dan surat rekomendasi dokter apabila memiliki riwayat penyakit tertentu. Serta membawa catatan obat rutin yang dikonsumsi," jelasnya. 

Untuk mekanisme pelaksanaannya sendiri, peserta melakukan pendaftaran dengan membawa fotokopi KTP dan melakukan pengecekan suhu badan. Kemudian peserta akan masuk dalam tahap skrining oleh petugas kesehatan. 

Setelah itu barulah peserta menjalani vaksinasi dengan menggunakan Vaksin Sinovac secara bergantian sesuai nomor urut. Lalu peserta menunggu hasil observasi sekitar 30 menit setelah pelaksanaan vaksinasi. Dalam kondisi sehat, para peserta dipersilahkan pulang ke kediamannya masing-masing. 

Gelaran vaksinasi massal ini rencananya akan digelar selama lima hari. Yakni dimulai hari Senin (12/7/2021) hingga hari Jumat (16/7/2021) dengan waktu pelaksanaan dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB. 

Sebagai informasi, bahwa pelaksanaan vaksinasi massal pada pekan ini yang dilaksanakan selama lima hari dikhususkan bagi para anggota ormas maupun organisasi kepemudaan Kota Malang. 

"Untuk kuotanya sudah terpenuhi. Per hari sekitar 150 sampai 185 dosis. Rencana minggu depan akan ada lagi. Semoga minggu depan vaksin untuk masyarakat umum sudah datang dari Polda," pungkasnya.

Topik
vaksinasi kota malangvaksinasi massalsantunan hadapi bencana tunai sahabatPolresta MalangVaksin Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru