Pedagang Pasar Bakal Direlokasi ke Stadion Brantas, Ini Reaksi KONI Kota Batu

Jul 12, 2021 16:51
Aktivitas pedagang pasar Kota Batu.
Aktivitas pedagang pasar Kota Batu.

BATUTIMES - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu tidak keberatan terhadap rencana relokasi pedagang Pasar Besar Kota Batu di kawasan Stadion Brantas. Hanya, KONI minta  relokasi tidak meniadakan fungsi dari fasilitas olahraga di sana.

“Kami tidak keberatan dengan relokasi di area Stadion Brantas,” ucap Ketua KONI Kota Batu Mahfud. “Tetapi Pemkot Batu supaya tetap memperhatikan aturan yang ada dalam UU No 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional pada Pasal 67 ayat 7,” tambahnya.

Dalam aturan itu, setiap orang dilarang meniadakan atau mengalihfungsikan sarana prasarana olahraga yang telah menjadi aset milik pemerintah atau pemerintah daerah tanpa rekomendasi dari menteri atau izin/persetujuan dari pihak yang berwenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Jadi, relokasi pedagang pasar nantinya jangan sampai mengganggu fungsi dari area GOR Gajah Mada dan Stadion Brantas. Sebab masih dimanfaatkan,” tambah Mahfud.

Beberapa cabang olahraga memanfaatkan Stadion Brantas. Misalnya Persikoba yang rencananya berlatih untuk persiapan menghadapi Liga 3. Ada juga cabor paralayang yang atletnya memanfaatkan Stadion Brantas untuk latihan fisik. Kantor KONI Kota Batu juga berada di area Stadion Brantas.

Kemudian cabor lainnya seperti atletik hingga bela diri yang sering memanfaatkan stadion tersebut. Sementara GOR Gajah Mada sering digunakan untuk latihan atlet basket.

Seperti diberitakan, relokasi rencananya untuk 1.097 pedagang pasar pagi. Mereka akan ditempatkan area lintasan atletik Stadion Brantas. Lalu pedagang yang memiliki kios di tempatkan pada sisi selatan Stadion Brantas atau area parkir. Relokasi terkait dengan revitalisasi pembangunan Pasar Besar Kota Batu.

Topik
dirjen diktiRelokasi pedagang pasarKONI Kota BatuStadion Brantas

Berita Lainnya

Berita

Terbaru