Luhut Tegaskan Covid-19 RI Terkendali, Siap Tunjukkan Data ke Muka yang Tak Sepakat

Jul 12, 2021 15:30
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Sekretariat Kabinet)
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Sekretariat Kabinet)

INDONESIATIMES - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, yang menjadi “komandan” penanganan covid-19, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa kondisi covid-19 di Indonesia mulai terkendali. Jika ada pihak yang tak sepakat, Luhut siap menyodorkan data.

"Jadi, kalau ada yang berbicara bahwa tidak terkendali keadaannya, sangat-sangat terkendali. Jadi, yang bicara tidak terkendali itu bisa datang ke saya. Nanti saya tunjukkan ke mukanya bahwa kita terkendali. Jadi, semua kita laksanakan," ujar Luhut dalam pernyataan pers seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (12/7/2021).

Hal itu disampaikan Luhut setelah menjelaskan panjang lebar terkait perkembangan PPKM Darurat Jawa-Bali. Ia juga menyampaikan mengenai kondisi obat-obatan, oksigen, hingga tempat tidur untuk pasien covid-19. 

Luhut percaya dalam beberapa hari ke depan, kasus covid-19 di tanah air akan membaik. "Bahwa kita punya masalah, saya berkali-kali sampaikan yes kita punya banyak masalah dan ini masalah kita perbaiki dengan tertib karena tim, saya ulangi, tim bekerja sangat kompak," tandasnya. 

Lebih lanjut, Luhut menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan arahan jelas terkait penanganan pandemi ini. Semua kebijakan pun diputuskan secara terintegrasi.

"Jadi, presiden memberikan directive sangat jelas dan presiden sekali lagi saya katakan in charge di semua ini dan kami sebagai pelaksananya tidak ada masalah. Semua kami putuskan secara terintegrasi. Saya ulangi semua kami putuskan secara terintegrasi," lanjut Luhut. 

Di sisi lain, Luhut menargetkan kasus harian covid-19 di Indonesia bisa turun di bawah 30 ribu dan akan melandai pada pekan depan.  "Kita mencoba supaya betul-betul kalau bisa kasus ini jangan lebih dari 30 ribuan tapi dari tiga  hari terakhir ini kita lihat sudah berkisar selalu bermain di antara 33, 34, 38 mundur lagi seterusnya. Tapi kasus kesembuhan meningkat banyak kita lihat. Jadi, kami berharap minggu depan mungkin kalau semua sudah berjalan disiplin, akan mulai flattening atau mulai akan merata dan kemudian kita harap nanti cenderung akan terkendali," cetusnya.

Untuk bisa mencapai hal tersebut, sambung Luhut, pihaknya meminta kerja sama dari semua pihak. Masyarakat diharapkan terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan program vaksinasi terus digencarkan.

"Kita berharap juga dengan kedisiplinan kita semua dan program vaksin jalan, protokol kesehatan jalan, kombinasi ini, pematuhan tadi pada PPKM Darurat, kita akan bisa bertambah baik," katanya lagi. 

Topik
Luhut Binsar PandjaitanLuhut BinsarPercepatan Penanganan Covid 19Covid 19 di indonesia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru