Dokter Perempuan yang Tak Percaya Covid-19 Akhirnya Ditangkap

Jul 12, 2021 14:45
dr Lois Owien (Foto: IST)
dr Lois Owien (Foto: IST)

INDONESIATIMES - Polda Metro Jaya akhirnya menangkap dokter Lois Owien. Penangkapan dokter perempuan ini buntut dari pernyataannya yang mengaku tak percaya soal covid-19 dan menyebut kematian pasien covid akibat interaksi obat.

Kabar penangkapan Lois ini pun dibenarkan oleh Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Dia menyatakan Lois ditangkap pada Minggu (11/7/2021) sore.  "Ditangkap Polda Metro Jaya kemarin pukul 16.00 WIB," ujar Ramadhan.

Sayangnya, Ramadhan belum menjelaskan rinci ihwal penangkapan dokter tersebut. Namun perlu diketahui, kasus Lois ini akhirnya diambil alih oleh Mabes Polri. 

Hal ini dijelaskan oleh Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono. Dia menyebut Lois ditangkap jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.  "Minggu diamankan Polda Metro Jaya dan dilimpahkan ke Mabes Polri," kata Argo.

Rencananya pihak kepolisian akan merilis penangkapan  Lois Senin (12/7/2021) hari ini. Dalam hal ini, dr Tirta akan hadir sebagai saksi dalam kasus yang menyangkut Lois. 

"Saya jadi saksi. Yang bersangkutan akan ada press release dari Polda Metro Jaya," kata dr Tirta.

 Tirta menjelaskan bahwa dirinya dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) merupakan saksi ahli dari kasus ini. Selain itu, Tirta mengatakan  rekan sejawatnya itu dilaporkan berkaitan pelanggaran UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

"Setahu saya ketika wawancara saksi kalau nggak salah menyebarkan informasi yang bisa menghambat penanganan wabah. Jadi kalau nggak salah kena UU wabah yang intinya menghalangi penanganan wabah di Indonesia," cetusnya. 

Sebelumnya, pernyataan Lois yang mengaku tak percaya soal covid-19 menjadi perbincangan warganet di media sosial saat menjadi bintang tamu acara Hotman Paris Show.  "Menurut Ibu Dokter, yang dikubur dengan cara protokol kesehatan covid-19, apakah itu meninggal karena virus corona atau tidak?" tanya Hotman dalam tayangan tersebut.

Lois pun menjawab "bukan". Menurut dia, mereka yang meninggal dan dikubur dengan  protokol kesehatan covid-19 meninggal karena interaksi antarobat.

Topik
DkterKasus dr LoisDokter Lois ditangkapEvaluasi PPKM Darurat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru