Maksimalkan Pelaksanaan Tes Jalur Mandiri Tulis dan Prestasi 2021, UIN Malang Lakukan Simulasi Ujian CBT

Jul 12, 2021 13:58
UIN Maliki Malang yang melakukan simulasi ujian tes masuk jalur mandiri tulis dan prestasi secara daring (Ist)
UIN Maliki Malang yang melakukan simulasi ujian tes masuk jalur mandiri tulis dan prestasi secara daring (Ist)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) Malang, menggelar simulasi atau uji coba ujian Computer Based Test (CBT) mandiri tulis dan prestasi tahun 2021, Senin (12/7/2021). Dalam simulasi tersebut, diikuti 5694 peserta baik dari calon mahasiswa tingkat sarjana hingga Pascasarjana.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Abdul Haris, dalam sambutannya mengungkapkan, adanya kegiatan ini semoga bisa memberikan kelancaran kepada para peserta dalam mengikuti ujian. Sehingga, sebelum pelaksanaan kegiatan ujian atau seleksi masuk, bisa melakukan persiapan agar nantinya memperoleh hasil yang bagus dan bisa diterima menjadi bagian dari keluarga besar UIN Maliki Malang.

1

Dengan ini pula, pihak berharap menjadi ajang bagi para peserta ujian mandiri tulis, untuk mengukur kemampuan maupun kesesuaian minat dan bakat yang benar-benar tepat.

"Seandainya bisa masuk semua tentu kami akan sangat senang, karena UIN bisa memberikan kontribusi besar bagi pendidikan. Tapi karena keterbatasan ini, kemudian ada tes yang harus dilalui. Jalur tes mandiri ini salah satunya. Saya berharap saudara yang hari ini mengikuti sosialisasi semuanya menyiapkan dengan sungguh-sungguh. Siapkan dengan kesiapan mental yang bagus berdoa pada Allah," ungkapnya.

2

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Isroqunnajah MAg, menambahkan, hal yang senada. Pihaknya mengapresiasi para peserta simulasi ujian masuk kalau mandiri tulis dan prestasi atas atensinya memilih UIN Maliki Malang untuk rencana melanjutkan studi kedepannya.

"Saya mewakili pimpinan, mengucapkan terimakasih telah memilih dan atensinya terhadap UIN , dijadikan sebagai kampus yang terminati. Semoga apa yang disampaikan dalam sosialisasi bisa memberikan gambaran dalam menyelesaikan soal-soal yang dinginkan," paparnya.

Data pendaftaran pada jalur penerimaan jalur mandiri tulis dan prestasi, dibagi dalam beberapa bidang. Untuk S1 bidang IPA, terdapat 2265 pendaftar, dan untuk bidang IPS, terdapat 283 peserta. 

Untuk jalur prestasi, Tahfid atau hafalan Al-Qur'an, terdapat 91 pendaftar; prestasi kesenian 17 pendaftar; prestasi olahraga 51 pendaftar; dan prestasi akademik 40 pendaftar. 

Kemudian untuk jenjang S2 program Fastrack 53 pendaftar, program beasiswa dari Pemprov Jatim 154 pendaftar, program reguler 271 pendaftar dan untuk jenjang doktor S3 ada 48 peserta. Sehingga jumlah pendaftar pada jalur masuk mandiri tulis dan prestasi ini sebanyak 5790 pendaftar.

4

Sementara itu, untuk jadwal ujian jalur mandiri tulis dan prestasi, akan dilaksanakan selama tiga hari. Ujian dimulai pada Rabu (14/7/2021) mulai jam 08.00 sampai 15.30 WIB dan Kamis (15/7/2021) mulai pukul 13.00 sampai 15.30 WIB. Terdapat dua sesi di setiap harinya sehingga total keseluruhan ada empat sesi. 

Peserta jalur mandiri nantinya akan menjalani tes soal preferensi, tes kemampuan akademik, tes kemampuan dasar, dan tes kemampuan bidang studi. Sedangkan untuk jalur mandiri prestasi, akan menjalani tes refrensi dan potensi akademik, dilanjutkan tes praktek dan wawancara. Nantinya mereka akan dikelompokkan dan dipandu oleh pemandu masing-masing.

Topik
Jalur MandiriUIN Maliki MalangUIN MalangRektor UIN MalangProf Abdul Haris

Berita Lainnya

Berita

Terbaru