Komitmen Hargai Hak Cipta, Perpustakaan UIN Malang Wajibkan Penggantian Buku Hilang Harus Buku Asli

Jul 11, 2021 13:41
Kepala Perpustakaan UIN Malang, M Mufid(kiri) dan Rektor UIN Malang Prof Abdul Haris (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Kepala Perpustakaan UIN Malang, M Mufid(kiri) dan Rektor UIN Malang Prof Abdul Haris (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, selalu menyimpan koleksi-koleksi buku asli. Hal itu merupakan salah satu komitmen dalam menghargai hak cipta para penulis maupun penerbit. Untuk itu, bilamana mahasiswa UIN Maliki Malang menghilangkan sebuah buku yang dipinjamnya, diwajibkan untuk melakukan penggantian buku dengan buku asli.

Kepala Perpustakaan UIN Maliki Malang, M Mufid, membenarkan jika Perpustakaan UIN Maliki Malang menerapkan denda atau sanski untuk mahasiswa yang menghilangkan bulu koleksi perpustakaan. Sanksinya, harus melakukan penggantian buku asli dan bukan merupakan buku bajakan atau fotocopy.

"Harus asli, nggak boleh buku fotocopy-an," terangnya.

Dalam penggantian buku, mahasiswa diarahkan untuk berkonsultasi dengan petugas. Mereka harus mengganti buku asli dengan subyek yang sama. Bilapun nantinya buku yang dimaksud tidak ada pada penerbit dan benar-benar langka, mahasiswa akan diberikan opsi lainnya.

Petugas akan mengevaluasi dan melihat jumlah koleksi buku yang dihilangkan tersebut. Bila jumlahnya masih cukup banyak, petugas akan memberikan opsi lain kepada mahasiswa yang memang kesulitan dalam mencari buku pengganti yang dihilangkan. 

"Bisa saja petugas mengarahkan untuk mengganti buku asli dengan subyek yang sama, meskipun judulnya berbeda, tapi dengan catatan buku itu memang sudah tidak ada di pasaran," terangnya.

Keharusan mengganti buku yang dihilangkan dengan yang asli, merupakan satu bentuk komitmen Perpustakaan UIN Maliki Malang. Hal ini juga agar Perpustakaan UIN Maliki Malang tidak terkena pelanggaran hak cipta.

"Makanya penggantian buku harus asli. Jika nggak ada bukunya di pasaran ya konsultasi dengan petugas, nantinya untuk judul buku yang harus diganti akan ditentukan petugas," pungkasnya.

Sementara itu, untuk diketahui, jika Perpustakaan UIN Maliki Malang memiliki koleksi buku cetak berjumlah lebih dari 60 ribu judul dengan jumlah 210 ribu eksemplar. Kemudian perpustakaan juga menyediakan e-book maupun jurnal internasional yang bisa diakses melalui smartphone.

Topik
Perpustakaan UIN MalangKampus UIN MalangUIN Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru