Seleksi Inkubator Kemenkop UKM, BEC Unikama Jadi Satu-satunya yang Terpilih dari Kampus Swasta

Jul 09, 2021 19:38
Kunjungan Kemenkop dan UKM ke Unikama dalam rangka verifikasi. (Ist)
Kunjungan Kemenkop dan UKM ke Unikama dalam rangka verifikasi. (Ist)

MALANGTIMES - Business & Entrepreneurship Center (BEC) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) kian berkembang dan menuai banyak prestasi. Baru-baru ini, BEC Unikama meraih prestasi dengan terpilih dalam seleksi lembaga inkubator satu-satunya dari kampus swasta. Seleksi tersebut merupakan inisiasi atau program dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM).

Lolosnya Unikama sebagai inkubator esuai  pengumuman melalui surat keputusan yang dikeluarkan oleh Kemenkop dan UKM Republik Indonesia Nomor: B-505/KUKM/Dep.4.2/VII/2021. Unikama terpilih untuk mendapatkan Pengembangan Lembaga Inkubator.

Seleksi lembaga inkubator sendiri bertujuan untuk mendapatkan inkubator yang memiliki potensi dan kelayakan dalam men-support Kemenkop UKM untuk mendampingi para startup startup dan wirausaha untuk lebih maju dan lebih berkembang lagi.

1

Kepala BEC Unikama Jacob Win ST SKom MKom menjelaskan, untuk bisa terpilih dalam seleksi lembaga inkubator yang diinisiasi Kemenkop UKM, butuh  upaya ekstra dan tidak diraih semudah membalikkan telapak tangan. 

Hal itu bukan tanpa alasan. Sebab, selain BEC Unikama, juga banyak lembaga inkubator lain yang tak kalah hebat dan punya segudang pengalaman. Sehingga,  terpilihnya BEC Unikama dalam seleksi inkubator ini merupakan kesempatan untuk membuktikan kemampuan baik dari sisi administrasi, infrastruktur dan kapabilitas SDM (sumber daya manusia) untuk menginkubasi wirausaha dengan standar yang tinggi.

“Proses seleksinya diawali dengan seleksi nasional pada aspek administrasi melalui pengajuan proposal. Setelah lolos seleksi administrasi, BEC diverifikasi secara fisik oleh pihak Kemenkop dan UKM," terang Jacob.

Bukan berhenti di situ  Setelah verifikasi fisik, kemudian dilanjutkan dengan proses presentasi di hadapan dewan juri dari kementerian, praktisi bisnis, maupun asosiasi inkubator bisnis Indonesia. Setelah itu, dengan prestasi yang memuaskan, akhirnya BEC Unikama dinyatakan terpilih.

"Sampai pada akhirnya BEC ditetapkan sebagai inkubator terpilih dan sebagai satu-satunya inkubator yang berasal dari kampus swasta,” terangnya.

Setelah ini, BEC Unikama selama enam bulan ke depan  nantinya akan melakukan pembinaan terhadap 40 start-up maupun UMKM dengan program teaching, training, hingga mentoring serta di akhir program akan membukakan akses jejaring melalui business matching dan pameran kewirausahaan.

Atas raihan atau capaian yang dibuat oleh BEC Unikama, Jacob  berharap akan semakin memperkuat citra Unikama sebagai kampus yang memberikan kontribusi positif dan membangun, utamanya melalui inovasi di bidang kewirausahaan.

“Hal ini tentunya juga berkontribusi dalam membangun kemandirian ekonomi bangsa Indonesia melalui pendidikan yang tidak hanya teoritis, namun benar-benar tepat guna dan bernilai solusi tinggi,” tutupnya.

Topik
unikama malangUnikamaKemenkop UKMDRPD

Berita Lainnya

Berita

Terbaru