Wajib Setor Karya, Mahasiswa Semester Akhir UIN Maliki Malang Dapat Pelatihan Khusus ini

Jul 08, 2021 15:54
Pelatihan E-Theses UIN Maliki Malang (Ist)
Pelatihan E-Theses UIN Maliki Malang (Ist)

MALANGTIMES -  Mahasiswa semester akhir Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, setiap minggunya rutin mendapatkan pelatihan khusus yang wajib diikuti. Pelatihan itu mengenai E-Theses untuk meningkatkan kemampuan setiap mahasiswa.

Kepala Perpustakaan UIN Malang, M Mufid menjelaskan, E-Theses merupakan inovasi yang dikembangkan Perpustakaan UIN Maliki Malang, sejak masa pandemi mulai melanda yang membuat aktifitas kampus dibatasi.

Tapi meski begitu, para mahasiswa mempunyai kewajiban untuk menyimpan karya tugas akhirnya di perpustakaan. Jika dulunya sebelum masa pandemi para mahasiswa semester akhir mengumpulkan karya tugas akhirnya secara konvensional, untuk kali ini tidak, maka tidak selama masa pandemi covid-19 ini.

Terdapat sebuah sistem yang dibuat oleh Perpustakaan UIN Maliki Malang yang kini bisa digunakan para mahasiswa dalam mengumpulkan karya tugas akhirnya mereka. Sehingga, dalam pengumpulan karya tugas akhirnya, kini tidak lagi mengunakan cara konvensional, melainkan memanfaatkan teknologi.

Jika dalam pengunggahan berkas karya tugas akhirnya masih terdapat standard yang belum sesuai, tentunya karya tugas akhir tersebut tidak akan tersimpan. Sehingga mahasiswa diminta untuk kembali melakukan pengunggahan sesuai standar.

"Jika dulunya mereka mahasiswa akhir mengumpulkan secara konvensional, kini tidak. Mereka bisa mengunggah sendiri pada alamat website atau sistem yang sudah disediakan," ungkapnya.

Namun, dalam melakukan unggahan karya tugas akhirnya, tak bisa sembarang. Disitu, dijelaskan Mufid, terdapat kaidah-kaidah yang harus dipenuhi untuk karya tugas akhirnya bisa tersimpan dalam sistem sehingga tanggungan para mahasiswa di perpustakaan bisa tuntas.

"Tidak hanya sekedar upload. Tapi juga memberikan penjelasan terkait bebas pustaka, bagaimana penulisan meta data yang standar, termasuk bagaimana membuat akun E-Theses. Hal ini (pelatihan) juga dilakukan lantaran saat ini masih termasuk tahap awal adanya E-Theses, sehingga belum cukup kalau hanya diberikan panduan saja," paparnya.

Pelatihan ini sendiri merupakan pelatihan yang diwajibkan untuk semua mahasiswa UIN Maliki Malang yang akan mengumpulkan tugas akhirnya. Pelatihan ini, dijelaskan Mufid selalu dilakukan setiap Minggunya dengan pengajar Pustakawan dari UIN Maliki Malang.

Topik
UIN Maliki MalangUIN Malangkebijakan berangkat haji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru