Percepatan Vaksinasi, Kota Malang Tangguhkan Sementara Vaksin Dosis ke-2

Jul 08, 2021 12:53
Vaksinasi Covid-19 beberapa waktu lalu di Puskesmas Arjuno. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Vaksinasi Covid-19 beberapa waktu lalu di Puskesmas Arjuno. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus digencarkan. Bahkan, saat ini dari kuota yang tersisa sebanyak 89 ribu dosis vaksin, ditargetkan habis pada 11 Juli 2021 mendatang.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, pelaksanaan vaksinasi di setiap fasilitas kesehatan di Kota Malang akan di-update secara berkala. Sehingga, mempermudah warga Kota Malang untuk mendapatkan vaksin.

"Total vaksin yang tersedia saat ini kurang lebih 89 ribu, terdiri dari vaksin Sinovac dan AstraZeneca. Semua vaksin siap dihabiskan sampai tanggal 11 Juli 2021 mendatang, informasi teknis pelaksanaan vaksin di fasilitas kesehatan akan di-update secara berkala," ujarnya.

Hal ini diputuskan usai rapat serap vaksin bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa belum lama ini. Di mana, situasi di Kota Malang, antusiasme warga yang ingin divaksin cukup tinggi.

Karena itu, kata Sutiaji, untuk vaksinasi dosis ke dua sementara ditangguhkan dan diberikan bagi masyarakat yang belum tervaksin. Nantinya, untuk kebutuhan vaksinasi dosis ke 2 bakal menunggu kuota distribusi vaksin dari pemerintah pusat.

"Maka dari itu saya tekankan di Kota Malang untuk sementara tidak ada vaksin dosis kedua. Jumlah vaksin yang tersedia saat ini akan kami gunakan sebagai vaksin dosis pertama karena vaksinasi dosis kedua akan menggunakan kuota vaksin yang disuplai dari pusat," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang juga tengah menyiapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di beberapa titik dalam waktu dekat ini. Langkah ini dilakukan tak hanya karena antusiasme masyarakat, namun juga upaya memenuhi target percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity nasional 70 persen.

Di mana, untuk Kota Malang sendiri, hingga Agustus 2021 mendatang ditargetkan telah melaksanakan vaksinasi kepada 550 ribu warga. Nantinya, untuk vaksinasi Covid-19 massal ini diperkirakan akan dilakukan dengan sistem drive thru di beberapa titik. Seperti, di Stadion Gajayana, Gor Ken Arok, dan di Kantor Terpadu (Mini Block Office) belakang Balai Kota Malang.

Topik
Vaksinasivaksinasi massalKota MalangWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru