Pekan Depan, Pemkot Malang Layani Vaksinasi Covid-19 Massal di Beberapa Titik

Jul 07, 2021 09:57
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pelaksanaan layanan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang banyak diserbu masyarakat. Antusiasme warga untuk segera mendapat vaksin cukup tinggi, bahkan beberapa fasilitas kesehatan (Faskes) di Kota Malang diserbu antrean. 

Melihat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang terus mengoptimalkan pelayanan pemberian vaksin kepada warganya. Salah satunya dengan bakal dibukanya vaksinasi Covid-19 massal di beberapa titik. 

"Di kami antusiasme masyarakat tinggi. Karenanya faskes itu akan ada gerakan secara massal (vaksinasi Covid-19). Nanti akan kita lakukan di beberapa titik untuk vaksinasi massal ini," ujar Wali Kota Malang, Sutiaji

Ia menambahkan, beberapa titik pelaksanaan vaksinasi massal tersebut yakni, di kawasan GOR Ken Arok, halaman Stadion Gajayana, dan halaman Mini Block Office.

Pemilihan lokasi tersebut, lantaran mampu menampung kapasitas yang lebih banyak dan luas. Sehingga, memungkinkan untuk dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Lebih jauh, Sutiaji menyampaikan, vaksinasi massal ini hanya akan dilakukan di akhir pekan. Selebihnya masyarakat tetap bisa mendatangi di faskes-faskes di Kota  Malang. 

Sutiaji menyebut, langkah ini dilakukan tak hanya mengantisipasi antusiasme masyarakat, namun juga upaya memenuhi target percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity nasional 70 persen. 

Di mana, untuk Kota Malang sendiri, hingga Agustus 2021 mendatang ditargetkan telah melaksanakan vaksinasi kepada 550 ribu warga. Nantinya, untuk vaksinasi Covid-19 massal ini diperkirakan akan dilakukan dengan sistem drive thru. 

"Minggu depan siap itu (vaksinasi Covid-19 massal). Nanti di stadion sini (Stadion Gajayana) mungkin bisa, untuk drive thru. Terus di Gor Ken Arok itu bisa, di Kantor Terpadu belakang (Mini Block Office) itu juga bisa. Harinya bisa hari Sabtu Minggu, kita gerakkan di beberapa titik, sifatnya massal," terangnya. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, untuk proses percepatan vaksinasi Covid-19, Pemkot Malang juga berupaya terus mendatangkan dosis vaksin. Kabarnya, dalam waktu dekat Provinsi Jawa Timur akan mendapatkan distribusi sebanyak 1 juta dosis vaksin.

"Kami sudah berkirim surat ke Kementerian Kesehatan. Insya Allah dalam waktu dekat, Jawa Timur akan dapat jatah lagi 1 juta vaksin. Prinsip di Jawa Timur siapa cepat dia yang dapat," pungkasnya.

Topik
vaksinasi massalVaksinasi Covid 19Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru