Vaksinasi Massal, Wali Kota Malang Optimis Capai Target di Akhir Agustus

Jul 06, 2021 12:08
Wali Kota Malang Sutiaji (bertopi) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di area Stadion Gajayana Kota Malang, Selasa (6/7/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (bertopi) saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di area Stadion Gajayana Kota Malang, Selasa (6/7/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Malang terus digencarkan. Hal itu guna terpenuhinya capaian herd immunity nasional yang ditarget sebesar 70 persen warga tanah air.

Pemberian vaksin dinilai efektif untuk membentuk kekebalan tubuh dan melawan serangan virus Covid-19. Karena itulah, di Kota Malang juga tengah dipercepat dengan mengoptimalkan fasilitas kesehatan (Faskes) hingga pelaksanaan vaksinasi massal yang dilangsungkan di kawasan stadion Gajayana, hari ini (Selasa, 6/7/2021).

Wali Kota Malang Sutiaji meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar Forum Malang Kota Sehat bekerjasama dengan Alfamart tersebut. Ia menyebut, dengan percepatan ini pihaknya menargetkan di bulan Agustus 2021 mendatang masyarakat Kota Malang yang divaksin mampu mencapai angka 550 ribu warga.

"Vaksin kita targetkan di bulan Agustus kita sudah 500 ribu an, akhir Agustus ke awal September lah. Karena itu kita target setiap hari minimal itu 14 ribu sampai 20 ribu vaksin per hari, maka kita percepat," ujarnya.

Meski, memang diakuinya pelaksanaan vaksinasi ini juga bergantung pada ketersediaan dosis vaksin yang telah diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Karenanya, guna mencapai target yang ditetapkan inilah, pihaknya mengoptimalkan dosis yang dipunya saat ini sembari menunggu kiriman dosis vaksin Covid-19 berikutnya.

"Sebenarnya itu tergantung dengan ketersediaan, maka kemarin saya minta untuk memanfaatkan dosis yang ada saat ini. Sembari kami minta dengan berkirim surat kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes), supaya ada kepastian, jangan sampai waktunya dosis 2 tapi vaksinnya ndak ada," jelasnya.

Lebih jauh, Sutiaji menyebut, dalam waktu dekat ini Jawa Timur akan kembali mendapat jatah sebanyak 1 juta vaksin. Hal inilah yang bakal diupayakan Pemkot Malang agar bisa mendapat distribusi jatah vaksin lebih dulu.

"Ini terus kita upayakan, jadi kami berkirim surat kepada kementerian yang 125 ribu vaksin kemarin belum dapat info. Tapi, Insya Allah dalam waktu dekat Jawa Timur akan dapat jatah lagi 1 juta vaksin. Prinsipnya di Jawa Timur siapa cepat dia yang dapat. Selama ini, kami lakukan percepatan setiap hari," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menyampaikan, hingga kemarin, vaksinasi Covid-19 di Kota Malang telah menyasar kepada 216 ribu warga. Sementara untuk target vaksinasi massal kali ini sebanyak 300 warga.

Ia berharap, dengan semakin banyaknya yang tervaksin, maka bakal segera tercapai herd immunity di wilayah Kota Malang. "Hari ini dijadwalkan ada 300 sasaran. Dengan semakin banyak yang divaksin, diharapkan herd immunity akan bisa tercapai. Targetnya sampai Agustus nanti 550 ribu warga tervaksin," ungkapnya.

Topik
Vaksinasivaksinasi massalVirus Covid 19Kota MalangWali Kota Malang Sutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru